Tinjauan Hak Asasi Manusia Terhadap Kekerasan yang Dilakukan oleh Aparat Kepolisian di Amerika Serikat (Studi Kasus George Floyd) = Human Rights Review of Police Violence in the United States (George Floyd Case Study)


Jaga, Ilham Putra (2023) Tinjauan Hak Asasi Manusia Terhadap Kekerasan yang Dilakukan oleh Aparat Kepolisian di Amerika Serikat (Studi Kasus George Floyd) = Human Rights Review of Police Violence in the United States (George Floyd Case Study). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B011171328_skripsi_02-08-2023 caver1.jpg

Download (247kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
B011171328_skripsi_02-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (926kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
B011171328_skripsi_02-08-2023 dp.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
B011171328_skripsi_02-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 December 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Ilham Putra Jaga (B011171328) dengan judul “Tinjauan Hak Asasi Manusia Terhadap Kekerasan yang Dilakukan oleh Aparat Kepolisian di Amerika Serikat (Studi Kasus George Floyd)”. Dibawah bimbingan oleh Iin Karita Sakharina selaku Pembimbing Utama dan Kadarudin selaku Pembimbing Pendamping.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kekerasan yang melanggar Norma Hak Asasi Manusia yang dilakukan oleh aparat kepolisian di Amerika Serikat, dan untuk mengetahui bentuk perlindungan hukum terhadap korban kekerasan rasisme.
Penulis menggunakan jenis penelitian normatif dengan teknik pengumpulan bahan hukum dilakukan melalui penelitian kepustakaan atas hukum internasional yang relevan data-data, buku-buku dan hasil penelitian sebelumnya yang terkait dengan topik yang dibahas. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis normatif dan dipaparkan secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tindakan kepolisian yang bertugas untuk melakukan penangkapan George Floyd yang terduga melakukan pelanggaran seharusnya mematuhi procedural rights atau hak asasi untuk mendapatkan tata cara peradilan dan perlindungan. Bentuk kekerasan juga dapat dibuktikan dengan adanya penargetan orang kulit hitam yang tidak proporsional di pemberhentian lalu lintas dan penggunaan kekuatan mematikan yang tidak proporsional dengan senjata api dan senjata bius dalam proses penangkapan, dan juga kurangnya akuntabilitas di mana petugas tidak dimintai pertanggungjawaban. 2) Larangan terhadap diskriminasi rasial merupakan hal mendasar dan mengakar kuat dalam hukum internasional. Bentuk perlindungan hukum terhadap korban kekerasan rasisme adalah dimana Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melahirkan konvenan yaitu International Convention on Civil and Political Rights (ICCPR), setelah konvenan itu menyusul International Convention on the Elimination of All Forms of Racial Discrimination dan Convention against Torture and Other Cruel, Inhuman or Degrading Treatment or Punishment sebagai instrumen khusus berhubungan tindakan kekerasan rasisme.

Keywords : HAM, Hukum Internasional, Kekerasan, Kekerasan Polisi, Rasisme.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Human Rights, International Law, Police Violence, Racism, Violence.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 11 Dec 2023 02:00
Last Modified: 11 Dec 2023 02:00
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31212

Actions (login required)

View Item
View Item