ANALISA KINERJA MOTOR BENSIN MODEL TV1 DENGAN VARIASI KOMPRESI DAN MENGGUNAKAN BAHAN BAKAR PREMIUM, PERTALITE DAN PERTAMAX


RETNOKTAPIAN, EGHA (2019) ANALISA KINERJA MOTOR BENSIN MODEL TV1 DENGAN VARIASI KOMPRESI DAN MENGGUNAKAN BAHAN BAKAR PREMIUM, PERTALITE DAN PERTAMAX. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
Tugas Akhir.pdf

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Motor bensin adalah suatu tipe mesin pembakaran dalam yang dapat men�gubah energi panas dari bahan bakar menjadi energi mekanik berupa daya poros
pada putaran poros engkol. Energi panas diperoleh dari pembakaran bahan bakar
dengan udara yang terjadi pada ruang bakar dengan bantuan bunga api yang be�rasal dari percikan busi untuk menghasilkan gas pembakaran. Untuk mengetahui
kinerja mesin dapat dilihat dari daya efektif, komsumsi bahan bakar spesifik, rasio
udara bahan bakar, efesiensi volumetris dan efesiensi thermis. Pengukuran kinerja
mesin bensin dapat diamati melalui engine soft. Dari daya efektif, komsumsi
bahan bakar spesifik, rasio udara-bahan bakar, efesiensi volumetris dan efesiensi
thermis dapat dihitung. Pengujian dilakukan pada tiga bahan bakar yaitu ;
premium, pertalite dan pertamax. Dengan memvariasikan rasio kompresi pada
motor bensin kita dapat mengetahui kenerjanya. Hasil yang didapatkan dari
pengujian ini adalah, nilai daya efektif tertinggi terdapat pada bahan bakar
pertamax, rasio kompresi 10, pada putaran 1800 rpm, sebesar 3,18 kW. Untuk
komsumsi bahan bakar spesifik yang paling ekonomis terdapat pada putaran 1500
rpm, rasio kompresi 8, sebesar 0,341 kg/kW.h pada bahan bakar pertalite . Untuk
rasio udara-bahan bakar yang sesuai dengan standar operasional dari rasio
komprsi 6, 8 dan 10 adalah bahan bakar pertalite. Untuk efesiensi volumetris yang
tertinggi terdapat pada bahan bakar premium, rasio kompresi 8, pada putaran 1200
rpm, sebesar 54,91 %. Untuk efesiensi thermis tertinggi terjadi pada bahan bakar
pertalite rasio kompresi 8, pada putaran 1500 rpm sebesar 25,86 %.
Kata Kunci: Bahan Bakar, Rasio Kompresi, kinerja motor bensin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 11 Dec 2023 07:21
Last Modified: 11 Dec 2023 07:21
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31201

Actions (login required)

View Item
View Item