Kewenangan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pada Perlindungan Perempuan Korban Kekerasan Seksual Di Kota Makassar = Authorities of the Office of Women's Empowerment and Child Protection in the Protection of Women Victims of Sexual Violence in Makassar City


Usman, A. Nur Ashma Fauziyyah (2023) Kewenangan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pada Perlindungan Perempuan Korban Kekerasan Seksual Di Kota Makassar = Authorities of the Office of Women's Empowerment and Child Protection in the Protection of Women Victims of Sexual Violence in Makassar City. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B11116391_skripsi_19-10-2023 caver1.jpg

Download (267kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
B11116391_skripsi_19-10-2023 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
B11116391_skripsi_19-10-2023 dp.pdf

Download (908kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
B11116391_skripsi_19-10-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 December 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kewenangan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Makassar dalam memberikan perlindungan pada perempuan korban kekerasan seksual dan mengetahui faktor yang menghambat dalam memberikan perlindungan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian empiris. Lokasi penelitian dilakukan di Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Makassar, UPTD PPA Kota Makassar, UPTD PPA Provinsi dan Kepolisian Resor Kota Besar Makassar. Pengumpulan data bahan penelitian dilakukan dengan studi lapangan dan studi kepustakaan. Studi lapangan dilakukan dengan melakukan wawancara pada staf Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, UPTD PPA Kota Makassar, UPTD PPA Provinsi dan Kepolisian Resor Kota Besar Makassar.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pengetahuan dan pemahaman masyarakat mengenai pelayanan yang diberikan oleh UPTD PPA Kota Makassar masih kurang sehingga perlindungan terhadap korban belum optimal serta tidak adanya regulasi yang mengatur tentang shelter warga sehingga penjangkauan korban melalui shelter warga tidak merata 2) faktor-faktor yang menjadi penghambat UPTD PPA Kota Makassar dalam menangani kasus kekerasan seksual yaitu kurangnya sumber daya manusia utamanya sumber daya perempuan dengan kompetensi yang diperlukan, terbatasnya anggaran untuk staf, kurangnya pemahaman aparat penegak hukum dalam memahami kasus kekerasan seksual, tidak adanya keamanan untuk pendamping hukum dan staf di UPTD PPA Kota Makassar serta kesulitan dalam melakukan reintegrasi sosial

Keywords : Korban Kekerasan Seksual, Perempuan, Perlindungan Hukum

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Victim of Sexual Violence, Women, Legal Protection
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 19 Mar 2024 05:58
Last Modified: 19 Mar 2024 05:58
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31198

Actions (login required)

View Item
View Item