STRATEGI KOMUNIKASI PENDAMPING DALAM IMPLEMENTASI GRADUASI MANDIRI KEPADA KELUARGA PENERIMA MANFAAT PROGRAM KELUARGA HARAPAN DI KECAMATAN MINASATE'NE PANGKEP = Communication Strategy of Facilitators in the Implementation of Independent Graduation of Beneficiary Families of the Program Keluarga Harapan (PKH) in Minasetene District


Masannang, Uswatun Hasanah Daeng (2023) STRATEGI KOMUNIKASI PENDAMPING DALAM IMPLEMENTASI GRADUASI MANDIRI KEPADA KELUARGA PENERIMA MANFAAT PROGRAM KELUARGA HARAPAN DI KECAMATAN MINASATE'NE PANGKEP = Communication Strategy of Facilitators in the Implementation of Independent Graduation of Beneficiary Families of the Program Keluarga Harapan (PKH) in Minasetene District. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E022211010_tesis_14-11-2023 caver1.jpg

Download (255kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E022211010_tesis_14-11-2023 bab 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E022211010_tesis_14-11-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E022211010_tesis_14-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 December 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
USWATUN HASANAH DM. Strategi Komunikasi Pendamping dalam Implementasi Graduasi Mandiri Keluarga Penerima Manfaal Program Keluarga Harapan (PKH) di Kecamatan Minasate 'ne Pangkep (dibimbing oleh Muhammad Akbar dan Muhammad Farid).

Penelitian ini bertujuan (1) menganalisis strategi komunikasi yang digunakan ole pendamping dalam implementasi Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan di Kecamatan Minasate'ne Kabupaten Pangkep dan (2) untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat komunikasi pendamping dalam implementasi graduasi mandiri Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan di Kecamatan Minasate'ne Kabupaten Pangkep. Penelitian in menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Jumlah informan sebanyak lima orang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Penelitian ini dilakukan dengan cara menganalisis strategi komunikasi yang digunakan pendamping menggunakan tori interaksi simbolik dan teori komunikasi kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi komunikasi yang digunakan pendamping kepada KPM PKH dinilai cukup untuk mengimplementasikan graduasi mandiri yang meniadi tolok ukur dari keberhasilan program in. Namun demikian, strategi ini masih belum efektif untuk mempercepat program tersebut karena banyak PM yang belum melakukan graduasi secara mandiri dan (2) faktor pendukung dalam proses ini adalah kerja sama dan dukungan dari pemerintah setempat. Hambatan dalam proses ini adalah pola pikir, faktor kebiasaan, dan kurangnya kesadaran KPM.

Kata kunci: strategi komunikasi, PKH, KPM, pendamping sosial, graduasi

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Communication strategy, Family hope program (PKH), Benefit recipient family (KPM), Social companion, Graduation.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 19 Mar 2024 02:33
Last Modified: 19 Mar 2024 02:33
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31169

Actions (login required)

View Item
View Item