Pemanfaatan Aplikasi Tlusure Sebagai Media Sosial Berbasis Smart Tourism Untuk Pengenalan Objek Wisata Sulawesi Selatan = The Use Of Tlusure Application as A Social Media Based on Smart Tourism for The Introduction of Tourism Objects of South Sulawesi


Amalia, Rizki (2023) Pemanfaatan Aplikasi Tlusure Sebagai Media Sosial Berbasis Smart Tourism Untuk Pengenalan Objek Wisata Sulawesi Selatan = The Use Of Tlusure Application as A Social Media Based on Smart Tourism for The Introduction of Tourism Objects of South Sulawesi. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E022202021_tesis_15-08-2023 caver1.jpg

Download (299kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E022202021_tesis_15-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E022202021_tesis_15-08-2023 dp.pdf

Download (688kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E022202021_tesis_15-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 December 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Pada era digital saat ini, perkembangan teknologi telah membawa dampak signifikan terhadap industri pariwisata. Penerapan konsep smart tourism yang mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi dengan sektor pariwisata telah menjadi tren yang penting. Salah satu aspek utama dalam pariwisata yang terpengaruh adalah media sosial, yang telah menjadi sarana utama untuk berbagi pengalaman, informasi, dan membangun komunitas wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemanfaatan aplikasi Tlusure sebagai media sosial berbasis smart tourism. Tlusure adalah sebuah aplikasi yang dirancang khusus untuk menghubungkan para wisatawan dengan destinasi wisata dan pengguna lainnya dalam satu platform. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan Fenomenologi melalui wawancara terhadap pengguna aplikasi Tlusure. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan aplikasi Tlusure memiliki manfaat yang signifikan dalam konteks smart tourism. Aplikasi ini memungkinkan para wisatawan untuk mendapatkan informasi real-time tentang destinasi wisata, mengakses ulasan dan rekomendasi dari pengguna lain, serta berinteraksi langsung dengan komunitas wisatawan yang memiliki minat serupa. Penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa peluang dan tantangan pemerintah dalam mendukung pengembangan pariwisata cerdas di Sulawesi meliputi upaya pengadaan sistem informasi yang dapat diakses publik, kesenjangan digital, serta keterbatasan aksesibilitas teknologi di beberapa daerah. Kesimpulannya, penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi Tlusure memiliki potensi yang besar sebagai media sosial berbasis smart tourism. Dalam era digital yang terus berkembang, pemanfaatan aplikasi ini dapat menjadi langkah strategis dalam meningkatkan konektivitas antara wisatawan, destinasi wisata, dan pemangku kepentingan lainnya dalam industri pariwisata. Dengan memperhatikan peluang dan tantangan digitalisasi yang ada, pemerintah dapat menjadi solusi yang inovatif dan efektif dalam menghadapi dinamika pariwisata masa depan.

Keywords : Aplikasi Tlusure; Media Sosial; Smart Tourism

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Tlusure application, Social media, Smart tourism
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 20 Mar 2024 05:26
Last Modified: 20 Mar 2024 05:26
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31165

Actions (login required)

View Item
View Item