OPINI PUBLIK KASUS KORUPSI NURDIN ABDULLAH DI YOUTUBE (Analisis Isi Komentar Video di Kanal Youtube KPK RI dan Kanal Youtube Media Mainstream TV One, Kompas TV, CNN Indonesia, serta Metro TV) = PUBLIC OPINION CORRUPTION CASE OF NURDIN ABDULLAH ON YOUTUBE (Content Analysis of Video Comments on Channel Youtube KPK RI and Mainstream Media TVOne, Kompas TV, CNN Indonesia, and Metro TV)


Sultan, Badrul Aeni (2023) OPINI PUBLIK KASUS KORUPSI NURDIN ABDULLAH DI YOUTUBE (Analisis Isi Komentar Video di Kanal Youtube KPK RI dan Kanal Youtube Media Mainstream TV One, Kompas TV, CNN Indonesia, serta Metro TV) = PUBLIC OPINION CORRUPTION CASE OF NURDIN ABDULLAH ON YOUTUBE (Content Analysis of Video Comments on Channel Youtube KPK RI and Mainstream Media TVOne, Kompas TV, CNN Indonesia, and Metro TV). Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E022201018_tesis_01-08-2023 caver1.jpg

Download (301kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E022201018_tesis_01-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E022201018_tesis_01-08-2023 dp.pdf

Download (309kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E022201018_tesis_01-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 December 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan (1) mengalisis opini publik kasus korupsi Nurdin Abdullah di Kanal Youtube KPK RI, (2) menganalisis opini publik kasus korupsi Nurdin Abdullah di Kanal Youtube media mainstream TVOne, KompasTV, CNN Indonesia dan Metro TV, dan (3) membandingkan opini publik kasus korupsi Nurdin Abdullah di Kanal Youtube KPK RI dan kanal Youtube media mainstream. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan analisis isi komentar dengan menggunakan lembar coding. Sampel sebanyak 8.554 komentar. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan tabel frekuensi yang bertujuan menyajikan keseluruhan data yang didapatkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komentar mengenai kasus korupsi Nurdin Abdullah di kanal Youtube KPK RI didominasi oleh Opini positif. Topik komentar fokus membahas mengenai kasus korupsi dibandingkan persona, kinerja, dan partai politik. Dari empat kanal media mainstream yang menjadi objek penelitian hanya pada kanal Youtube Metro TV yang dominan menyajikan sementara kanal lainnya yakni TV One, Kompas TV dan CNN Indonesia cenderung menyajikan komentar dengan opini negatif bila dibandingkan antara Kanal Youtube KPK RI dengan media mainstream yakni TVOne, KompasTV, CNN Indonesia, dan MetroTV. Adapun kanal Youtube TVOne, KompasTV, dan CNN Indonesia menyajikan opini negatif. Dari segi topik komentar kanal Youtube KPK RI, Kompas TV, CNN Indonesia dan Metro TV fokus membahas korupsi, sementara kanal Youtube TVOne didominasi komentar mengenai Partai Politik.

Keywords : Komentar, kanal Youtube, KPK RI, media mainstream

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Comments, Youtube channel, KPK Ri, Mainstream media.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 20 Mar 2024 03:51
Last Modified: 20 Mar 2024 03:51
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31160

Actions (login required)

View Item
View Item