Analisis Perilaku Komunikasi Antaretnik Tolaki dan Etnik Pendatang Dalam Upaya Harmonisasi Sosial di Kota Kendari = Analysis Of Communication Behavior Between Tolaki Ethnic And Immigrant Ethnic In Social Harmonization Efforts In Kendari City


Yahya, Ismayanti (2023) Analisis Perilaku Komunikasi Antaretnik Tolaki dan Etnik Pendatang Dalam Upaya Harmonisasi Sosial di Kota Kendari = Analysis Of Communication Behavior Between Tolaki Ethnic And Immigrant Ethnic In Social Harmonization Efforts In Kendari City. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E022191017_tesis_27-09-2023 caver1.jpg

Download (304kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E022191017_tesis_27-09-2023 bab 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E022191017_tesis_27-09-2023 dp.pdf

Download (466kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E022191017_tesis_27-09-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 December 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

ISMAYANTI YAHYA. Analisis Perilaku Komunikasi Antaretnik Tolaki dan Etnik Pendatang dalam Upaya Harmonisasi Sosial di Kota Kendari. (dibimbing oleh Tuti Bahfiarti dan Muhammad Farid).
Menurut laman Kemendikbud, ada tiga etnik terbesar diwilayah Sulawesi Tenggara yaitu Etnik Tolaki, Muna, dan Buton. Etnik Tolaki adalah etnik asli Kota Kendari sedangkan Etnik Muna, Buton, Jawa, Bali, Bugis-Makassar, dan Toraja merupakan etnik pendatang di Kota Kendari. Ketika pendatang bermaksud untuk menetap disuatu daerah mereka perlu melakukan adaptasi di daerah tersebut dari segi adat, bahasa, budaya, dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku komunikasi antaretnik dan menganalisis hambatan komunikasi antaretnik Tolaki dan etnik pendatang dalam upaya harmonisasi sosial di Kota Kendari. Teori yang digunakan adalah teori adaptasi budaya, teori akulturasi budaya, dan anxiety/uncertainty management theory. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dipilih yang secara purposive sample yang ditentukan sesuai dengan tema penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa etnik pendatang yang melakukan perantauan ke Kota Kendari didorong oleh keinginan untuk mencari pekerjaan, mengikuti orang tua, berdagang, serta melanjutkan pendidikan. Penggunaan bahasa indonesia dalam berkomunikasi merupakan perilaku komunikasi dalam upaya harmonisasi sosial yang bertujuan untuk mengurangi kesalahpahaman dalam komunikasi antaraetnik. Akan tetapi, baik etnik Tolaki maupun etnik pendatang tetap menggunakan bahasa daerah mereka ketika berkomunikasi dengan keluarga atau ketika kegiatan adat dilakukan. Hambatan komunikasi antaretnik yang terjadi yaitu adanya hambatan bahasa dan sikap entosetisme yang berupa prasangka, stereotipe dan sikap diskriminasi yang dialami baik itu etnik Tolaki maupun etnik pendatang.

Keywords : Komunikasi Antaretnik, Perilaku Komunikasi, Hambatan Komunikasi, Harmonisasi Sosial

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Antaretnik, Perilaku Komunikasi, Hambatan Komunikasi, Harmonisasi Sosial
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 20 Mar 2024 03:48
Last Modified: 20 Mar 2024 03:48
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31159

Actions (login required)

View Item
View Item