Analisis Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Usaha Kecil Menengah di Daerah Mamminasata Provinsi Sulawesi Selatan = Analysis of Factors Influencing the Income of Small and Medium Enterprises in the Mamminasata Region, South Sulawesi Province


Juniarti, Andi Zakinah (2023) Analisis Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Usaha Kecil Menengah di Daerah Mamminasata Provinsi Sulawesi Selatan = Analysis of Factors Influencing the Income of Small and Medium Enterprises in the Mamminasata Region, South Sulawesi Province. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A052211010_tesis_18-08-2023 caver1.jpg

Download (308kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A052211010_tesis_18-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A052211010_tesis_18-08-2023 dp.pdf

Download (531kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A052211010_tesis_18-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 December 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

ANDI ZAKINAH JUNIARTI. Analisis Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Usaha Kecil Menengah di Daerah Mamminasata Provinsi Sulawesi Selatan (dibimbing oleh Rahmatia dan Retno Fitrianti). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh jam operasional terhadap pendapatan pada usaha kecil dan menengah (UKM) di daerah Mamminasata Provinsi Sulawesi Selatan. (2) pengaruh modal terhadap pendapatan pada usaha kecil dan menengah (UKM) di daerah Mamminasata Provinsi Sulawesi Selatan. (3) pengaruh lama usaha terhadap pendapatan pada usaha kecil dan menengah (UKM) di daerah Mamminasata Provinsi Sulawesi Selatan. (4) pengaruh jam tenaga kerja terhadap pendapatan pada usaha kecil dan menengah (UKM) di daerah Mamminasata Provinsi Sulawesi Selatan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang didapatkan langsung dari responden (pelaku usaha) dengan menggunakan kuesioner sebanyak 106 responden. Responden yang dipilih dalam penelitian ini adalah pelaku usaha kecil dan menengah yang berwilayah di Mamminasata (Makassar, Maros, Sungguminasa, Takalar). Adapun metode analisis yang digunakan ialah Regresi Linier Berganda dengan alat analisis SPSS. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh dari penelitian ini, (1) variable jam operasional berpengaruh negative dan tidak signifikan terhadap pendapatan usaha kecil dan menengah di daerah Mamminasata Provinsi Sulawesi Selatan. (2) variable modal berpengaruh posiif dan signifikan terhadap pendapatan usaha kecil dan menengah di daerah Mamminasata Provinsi Sulawesi Selatan. (3) variable lama usaha berpengaruh negative dan tidak signifikan terhadap pendapatan usaha kecil dan menengah di daerah Mamminasata Provinsi Sulawesi Selatan. (4) variable tenaga kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan usaha kecil dan menengah di daerah Mamminasata Provinsi Sulawesi Selatan. Dapat disampaikan dalam penelitian ini bahwa variasi pendapatan dapat dipengaruhi oleh variasi jam operasional, modal, lama usaha dan tenaga kerja. sebesar 90.6%, sedangkan sisanya sebesar 9.4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar model ini.

Kata Kunci: Jam Operasional, Modal, Lama Usaha, Tenaga Kerja, Pendapatan, Usaha Kecil Menengah

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Hours of Operation, Capital, Length of Business, Labor, Income, Small and Medium
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Ekonomi Sumberdaya
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 19 Mar 2024 02:18
Last Modified: 19 Mar 2024 02:18
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31133

Actions (login required)

View Item
View Item