REPRESENTASI ANTISEMITISME DALAM FILM (ANALISIS SEMIOTIKA PADA FILM JOJO RABBIT KARYA TAIKA WATITI) = REPRESENTATION OF ANTISEMITISM IN FILM (SEMIOTIC ANALYSIS OF TAIKA WATITI'S JOJO RABBIT FILM)


Thahiri Dj, Muhaimin Syadzali (2023) REPRESENTASI ANTISEMITISME DALAM FILM (ANALISIS SEMIOTIKA PADA FILM JOJO RABBIT KARYA TAIKA WATITI) = REPRESENTATION OF ANTISEMITISM IN FILM (SEMIOTIC ANALYSIS OF TAIKA WATITI'S JOJO RABBIT FILM). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E021171523_skripsi_01-08-2023 caver1.jpg

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E021171523_skripsi_01-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E021171523_skripsi_01-08-2023 dp.pdf

Download (197kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E021171523_skripsi_01-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 December 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana anstisemitisme direpresentasikan kedalam sebuah film yakni Jojo Rabbit serta membedah simbol-simbol antisemitisme di dalamnya.

Representasi antisemitisme dikaji dengan pendekatan kualitatif deskriptif menggunakan teorisasi semiotika Roland Barthes. Berdasarkan skema analisis semiotika Roland Barthes maka film akan dianalisis melalui 2 tahap signifikasi. signifikasi tahap pertama yang merupakan hubungan antara signifier dan signified atau barthes menyebutnya denotasi. setelah itu masuk ke tahapan signifikansi tahap kedua yakni konotasi dan mitos. Untuk mendukung penelitian terkait, dilakukan kajian dari berbagai sumber pustaka sebagai data sekunder.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa antisemitisme direpresentasikan kedalam narasi berupa dialog (subtitle), properti (motif benda realis dan non realis), musik, hingga imaji visual. Waititi membangun antisemitisme sebagai pola perilaku dan pemikiran yang absurd yang berimbas pada pengucilan Yahudi. Berdasarkan konotasi yang hadir, mitos Antisemitisme muncul dalam narasai solutif dan heroik. Pertama, kesepahaman bahwa kebencian merupakan tindakan yang tercela, melanggar batas dan hak kemanusiaan terasa ambivalen ketika melihat penggambaran Hitler yang juga didasari atas prasangka dan kebencian. Kedua, Waititi hendak memberikan solusi atas dunia yang dipenuhi kebencian dengan membawa konsep cinta dan tarian didalamnya. Ketiga, kemunculan sosok pahlawan yang menghentikan seluruh penindasan, digambarkan agung dengan membawa sukacita bagi korban perang dunia.

Keywords : Antisemitisme, Jojo Rabbit, Analisis Semiotika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Antisemitism, Jojo Rabbit, Semiotic approach.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 19 Mar 2024 02:06
Last Modified: 19 Mar 2024 02:06
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31125

Actions (login required)

View Item
View Item