PENGARUH LEARNING, ENTREPRENEUR ORIENTATION, BUSINESS OPPORTUNITY, MELALUI DECISION MAKING TERHADAP KEBERLANJUTAN WIRAUSAHA PEREMPUAN DI TANA TORAJA & TORAJA UTARA


Monalisa, Monalisa (2023) PENGARUH LEARNING, ENTREPRENEUR ORIENTATION, BUSINESS OPPORTUNITY, MELALUI DECISION MAKING TERHADAP KEBERLANJUTAN WIRAUSAHA PEREMPUAN DI TANA TORAJA & TORAJA UTARA. Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A033202002_disertasi_27-09-2023 caver1.jpg

Download (348kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A033202002_disertasi_27-09-2023 bab 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A033202002_disertasi_27-09-2023 dp.pdf

Download (756kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A033202002_disertasi_27-09-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 December 2025.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Monalisa. Pengaruh learning, entrepreneur orientation, business opportunity, Melalui Decision making terhadap keberlanjutan wirausaha perempuan di Tana Toraja & Toraja Utara (dibimbing oleh Otto R. Payangan, Syamsu Alam dan Maat Pono).Keberlanjutan sebuah bisnis, menjadi hal yang perlu untuk diperhatikan, karena bisnis yang hadir saat ini tidak menjamain sebuah kesuksesan usaha. Melainkan bisnis tersebut juga harus mampu berkembang dan berkelanjutan untuk dapat mempertahankan dirinya di tengah persaingan pasar. Terlebih pada peran wirausaha perempuan yang ternyata dapat berkontribusi dalam keberlanjutan bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh learning, enterprenur orientation, business opportunity dan decision making terhadap keberlanjutan usaha perempuan. Penelitian ini mencoba memasukan unsur decision making dalam sebuah model penelitian keberlanjutan wirausaha perempuan yang berpijak pada teori utama yaitu, Theory of Reasoned Action (TRA), Theory of Planned Behavior (TPB), Theory Triple Bottom Line (TBL), dan Resource Based View (RBV). Penelitian ini melibatkan pengusaha perempuan ultra mikro sebanyak 260 orang yang ada di Kabupaten Tana Toraja dan Kabupaten Toraja Utara. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Structure Equation Modeling (SEM) dengan bantuan SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menemukan bahwa learning berpengaruh positif terhadap keberlanjutan wirausaha perempuan, decision making berpengaruh positif terhadap keberlanjutan wirausaha perempuan, business opportunity berpengaruh positif terhadap keberlanjutan wirausaha perempuan, learning berpengaruh positif terhadap decision making, enterpreneu orientation berpengaruh positif terhadap decision making, dan business opportunities berpengaruh positif terhadap decision making.

Keywords : Keberlanjutan; Orientasi Kewirausahaan; Peluang Bisnis; Pengambilan Keputusan; dan Keberlanjutan Wirausaha Perempuan.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Uncontrolled Keywords: learning, entrepreneur orientation, business opportunity, decision making, sustainability of woman entrepreneurs.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 19 Mar 2024 01:46
Last Modified: 19 Mar 2024 01:46
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31121

Actions (login required)

View Item
View Item