DESAIN SISTEM KONTROL UNTUK MENINGKATKAN KAPASITAS LOW VOLTAGE RIDE THROUGH (LVRT) PADA TURBIN ANGIN MENGGUNAKAN STATCOM BERBASIS KENDALI SISTEM LINEAR QUADRATIC REGULATOR (LQR) = Design of Control System to Enhance Low Voltage Ride Through (LVRT) Capability in Wind Turbines Using STATCOM Based on Linear Quadratic Regulator (LQR) Control


Noor, Nurul Chairunnisa (2023) DESAIN SISTEM KONTROL UNTUK MENINGKATKAN KAPASITAS LOW VOLTAGE RIDE THROUGH (LVRT) PADA TURBIN ANGIN MENGGUNAKAN STATCOM BERBASIS KENDALI SISTEM LINEAR QUADRATIC REGULATOR (LQR) = Design of Control System to Enhance Low Voltage Ride Through (LVRT) Capability in Wind Turbines Using STATCOM Based on Linear Quadratic Regulator (LQR) Control. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D032191003_tesis_27-11-2023 caver1.jpg

Download (277kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D032191003_tesis_27-11-2023 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D032191003_tesis_27-11-2023 dp.pdf

Download (282kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D032191003_tesis_27-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 December 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Energi angin selama beberapa tahun belakangan ini telah mendapatkan banyak perhatian karena dapat digunakan sebagai energi alternatif dalam semua bidang. munculnya masalah kestabilan pada sistem pembangkit yaitu terputusnya secara signifikan beban pada pembangkit secara bersamaan ketika meningkat atau menurunnya produksi energi angin secara tiba–tiba menyebabkan gangguan dalam sistem. Kestabilan sistem merupakan masalah yang perlu mendapat perhatian lebih dalam mendesain sistem Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB). Selama sistem beroperasi secara normal, komponen sistem energi listrik memastikan keseimbangan antara kebutuhan catu daya reaktif dan aktif. Perubahan yang cepat dapat menghilangkan keseimbangan dan mencegah sistem tenaga kembali ke titik keseimbangan normalnya. Kajian ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas Low Voltage Ride Through (LVRT) dimana pembangkit harus dengan cepat terhubung kembali ke jaringan saat gangguan terjadi maka Static Synchronous Compensator (STATCOM) digunakan sebagai pengatur tegangan. Dalam penelitian ini rancangan kendali optimal Linear Quadratic Regulator (LQR) mengontrol STATCOM dengan menghasilkan daya reaktif dan menginjeksikannya pada sistem ketika terjadi gangguan sesuai dengan kebutuhan sistem. Sistem yang akan diteliti adalah sistem interkoneksi Sulselrabar tepatnya di PLTB Sidrap. Software yang digunakan untuk simulasi instalasi STATCOM adalah SIMULINK MATLAB 2020a. simulasi dilakukan dengan memantau situasi dalam sistem pada saat normal lalu ketika terjadinya gangguan pada sistem dan keadaan setelah dimasukkan STATCOM dalam sistem. Hasil simulasi menunjukan bahwa pada sistem Sulselrabar tepatnya pada PLTB Sidrap menunjukan nilai seattling time pada saat keadaan normal sebelum ditambahkannya STATCOM didalam sistem adalah 2 menit dan setelah ditambahkannya STATCOM pada sistem pembangkit nilai seatlling time–nya semakin cepat menjadi 3 detik. Hal ini menunjukkan bahwa dengan penggunaan STATCOM sistem dapat meningkatkan kemampuan LVRT dalam meningkatkan kecepatan respons turbin untuk mencapai stabilitas secara lebih cepat dibandingkan sebelum menggunakan STATCOM.

Keywords : Low Voltage Ride Through (LVRT) ,Linear Quadratic Regulator (LQR), Static Synchronous Compensator (STATCOM) , SIMULINK MATLAB 2020a.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Low Voltage Ride Through (LVRT), Linear Quadratic Regulator (LQR), Static Synchronous Compensator (STATCOM), SIMULINK MATLAB 2020a.
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Mar 2024 06:39
Last Modified: 18 Mar 2024 06:39
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31081

Actions (login required)

View Item
View Item