PERILAKU KONSUMTIF GENERASI MILENIAL DI KOTA MAKASSAR = THE CONSUMPTIVE BEHAVIOR OF THE MILLENNIAL GENERATION IN KOTA MAKASSAR


Haeruddin, Muhammad Ilham Wardhana (2023) PERILAKU KONSUMTIF GENERASI MILENIAL DI KOTA MAKASSAR = THE CONSUMPTIVE BEHAVIOR OF THE MILLENNIAL GENERATION IN KOTA MAKASSAR. Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A013181017_disertasi_19-10-2023 caver1.jpg

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A013181017_disertasi_19-10-2023 bab 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A013181017_disertasi_19-10-2023 dp.pdf

Download (928kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A013181017_disertasi_19-10-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 December 2025.

Download (6MB)

Abstract (Abstrak)

Muhammad Ilham Wardhana Haeruddin. Perilaku Konsumtif Generasi Milenial di Kota Makassar. (dibimbing oleh Mahlia Muis, Muhammad Ismail, dan Maat Pono)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji pengaruh dari Fear of Missing Out, Celebrity Endorsement, dan Harga Diri terhadap Konformitas. Kemudian menganalisis dan menguji pengaruh dan signifikansi dari Celebrity Endorsement, Fear of Missing Out (FOMO), dan Harga Diri terhadap Perilaku Konsumtif generasi milenial di Kota Makassar.
Dengan metode pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling, yaitu para generasi milenial di Kota Makassar yang telah memiliki pekerjaan tetap, dan menggunakan analisis jalur dalam pengolahan data dengan bantuan SmartPLS menunjukkan bahwa FOMO berpengaruh positif terhadap perilaku konsumtif, hal ini diakibatkan mereka merasakan kecemasan ketika mereka tidak mengetahui apa yang dilakukan oleh teman-teman dan merasa memiliki keterkaitan dengan teman-teman mereka. Celebrity Endorsement berpengaruh positif terhadap perilaku konsumtif, hal ini sebabkan kuatnya pengaruh dari selebriti yang digunakan dalam promosi produk. Harga Diri berpengaruh positif terhadap Perilaku Konsumtif diakibatkan dalam pengambilan keputusan dan bertindak mereka tidak berpikir panjang dan juga mereka tidak mampu mengendalikan diri dalam berbelanja. FOMO berpengaruh positif terhadap Konformitas, hal ini diakibatkan keinginan untuk berintegrasi ke dalam masyarakat mainstream dan rasa takut untuk terpisah. Celebrity Endorsement berpengaruh positif terhadap Konformitas, hal ini sebabkan pemujaan yang berlebihan terhadap selebriti sehingga lahir dorongan agar cara mereka berpakaian dan bertindak sesuai dengan selebriti tersebut yang mendorong mereka untuk berkonformitas. Harga Diri berpengaruh positif terhadap Konformitas diakibatkan tingginya keinginan mereka untuk berintegrasi ke dalam sebuah kelompok demi menjaga harga diri mereka. Lebih lanjut, Celebrity Endorsement berpengaruh positif terhadap Perilaku Konsumtif melalui Konformitas, hal ini diakibatkan kemampuan dari selebriti untuk membuat konsumen patuh dan taat serta menciptakan konformitas maka akan mempengaruhi perilaku konsumtif. FOMO berpengaruh positif terhadap Perilaku Konsumtif melalui Konformitas, hal ini diakibatkan perasaan cemas dan takut akan dikucilkan membuat individu melakukan perilaku konformitas dengan cara membeli dan menggunakan produk yang tidak dibutuhkan. Harga Diri terhadap Perilaku Konsumtif melalui Konformitas menunjukkan arah hubungan yang positif, hal ini disebabkan ketidak inginan mereka untuk mengikuti trend yang sedang banyak digemari karena akan menurunkan prestisenya sehingga mereka enggan untuk berperilaku konformitas.

Keywords : Celebrity Endorsement, Fear of Missing Out, Harga Diri, Konformitas, Perilaku Konsumtif

Item Type: Thesis (Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Celebrity Endorsement, Fear of Missing Out, Harga Diri, Konformitas, Perilaku Konsumtif
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 19 Feb 2024 06:25
Last Modified: 19 Feb 2024 06:25
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30963

Actions (login required)

View Item
View Item