INTERTEKSTUALITAS DALAM VIDEO GAME METAL GEAR SERIES (メタルギアシリーズ ) KARYA KOJIMA HIDEO (小島 秀夫) = Intertextuality in Kojima Hideo (小島 秀夫) ’s Video Game Metal Gear Series (メタルギアシリーズ )


Syahputri, Adelina Eka (2023) INTERTEKSTUALITAS DALAM VIDEO GAME METAL GEAR SERIES (メタルギアシリーズ ) KARYA KOJIMA HIDEO (小島 秀夫) = Intertextuality in Kojima Hideo (小島 秀夫) ’s Video Game Metal Gear Series (メタルギアシリーズ ). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F91116304_skripsi_06-11-2023 cover1.png

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F91116304_skripsi_06-11-2023 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F91116304_skripsi_06-11-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F91116304_skripsi_06-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 November 2025.

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti sekaligus menganalisis bagaimana intertekstualitas ditampilkan dalam video game Metal Gear Series karya Kojima Hideo dan melihat apa tujuan serta alasan Kojima Hideo menampilkan intertekstualitas di dalam video gamenya. Penelitian ini dianalisa menggunakan teori intertekstualitas milik Julia Kristeva dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data diambil dari video gameplay Metal Gear Series dari seri pertama hingga seri ke sembilan.
Berdasarkan analisis data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa dalam video game Metal Gear Series, intertekstualitas ditampilkan melalui karakter film James Bond, serta film The Great Escape. Berdasarkan adegan-adegan yang ditampilkan dapat dilihat bahwa Kojima Hideo memasukkan intertekstualitas berupa pop culture barat dengan tujuan untuk membuat pemain yang memainkan video game tersebut tidak lagi harus mendapat penjelasan mengenai asal usul atau latar belakang dari budaya pop yang dimaksud. Tidak hanya itu, tujuan lain yang penulis analisa adalah adalah sebagai parodi dan pastiche. Selain daripada itu, karena banyaknya pop culture dari barat yang dimasukkan oleh Kojima, penulis menganalisis bahwa tujuan lain Kojima memasukkan pop culture barat ke dalam video gamenya adalah sebagai salah satu strategi marketing yang dilakukan oleh Kojima untuk menarik konsumen dari barat.

Keywords : Intertekstualitas, Video Game, Metal Gear Series, Kojima Hideo

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Intertextuality, Video Game, Metal Gear Series, Kojima Hideo
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Jepang
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 29 Nov 2023 03:33
Last Modified: 29 Nov 2023 03:33
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30817

Actions (login required)

View Item
View Item