Perkembangan Glokalisasi 期間限定 (Kikan Gentei) Campaign スターバックスコーヒージャパン (Starbucks Coffee Japan) Tahun 2006 - 2022 = Development of the Limited-Time 期間限定 (Kikan Gentei) Glocalization Campaign by スターバックスコーヒージャパン(Starbucks Coffee Japan): 2006 - 2022


Annisa, Riskiah Nurul (2023) Perkembangan Glokalisasi 期間限定 (Kikan Gentei) Campaign スターバックスコーヒージャパン (Starbucks Coffee Japan) Tahun 2006 - 2022 = Development of the Limited-Time 期間限定 (Kikan Gentei) Glocalization Campaign by スターバックスコーヒージャパン(Starbucks Coffee Japan): 2006 - 2022. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F081191052_skripsi_06-11-2023 cover1.png

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F081191052_skripsi_06-11-2023 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F081191052_skripsi_06-11-2023 dp.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F081191052_skripsi_06-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 November 2025.

Download (8MB)

Abstract (Abstrak)

Riskiah Nurul Annisa. Perkembangan Glokalisasi 期間限定 (Kikan Gentei) Campaign スターバックスコーヒージャパン (Starbucks Coffee Japan) Tahun 2006 – 2022 . Skripsi. Fakultas Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin, 2019, Meta Sekar Puji Astuti dan Rudy Yusuf.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan glokalisasi dan bentuk glokalisasi Starbucks Coffee Japan di tahun 2006 sampai dengan tahun 2022 begitu juga dengan klasifikasi glokalisasi yang dilakukan Starbucks Coffee Japan di tahun 2006 sampai dengan tahun 2022.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Sejarah Kuntowijoyo (1995) yang memiliki beberapa langkah yaitu pemilihan topik, pengumpulan sumber, verifikasi, interpretasi, dan penulisan yang dilakukan secara kronologis. Data primer dalam penelitian ini adalah menu glokalisasi Starbucks Coffee Japan yang dikeluarkan dari tahun 2006 sampai dengan tahun 2022 yang diperoleh dari situs laman resmi Starbucks Coffee Japan yang berdasarkan teori glokalisasi Roland Robertson dan pembagian campaign Charles U. Larson. Adapun data sekunder didapatkan dari media sosial resmi Starbucks Coffee Japan lainnya seperti Instagram dan X.

Berdasarkan analisis, dapat ditarik simpulan bahwa perkembangan glokalisasi Starbucks Jepang dapat dibagi menjadi tiga tahap dengan masing – masing tahapan memiliki karakteristik masing – masing. Glokalisasi campaign Starbucks Jepang terklasifikasi menjadi campaign musiman, produk retail, produk lokal Jepang, proyek sosial penggalangan dana untuk bencana gempa Tohoku dan proyek ramah lingkungan di Kyoto.

Keywords : Glokalisasi, Starbucks Coffee Japan, Campaign.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Glocalization, Starbucks Coffee Japan, Campaign.
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Jepang
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 29 Nov 2023 03:35
Last Modified: 29 Nov 2023 03:35
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30813

Actions (login required)

View Item
View Item