Analisis Saluran Pemasaran Ayam Broiler di Pasar Tradisional Kota Watampone Kabupaten Bone = Analysis of Broiler Marketing Channels in Traditional Markets in Watampone City, Bone Regency


Suriadi, Suriadi (2023) Analisis Saluran Pemasaran Ayam Broiler di Pasar Tradisional Kota Watampone Kabupaten Bone = Analysis of Broiler Marketing Channels in Traditional Markets in Watampone City, Bone Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
I11116571_skripsi_24-10-2023 caver1.jpg

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
I11116571_skripsi_24-10-2023 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
I11116571_skripsi_24-10-2023 dp.pdf

Download (689kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
I11116571_skripsi_24-10-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 November 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran dan lembaga pemasaran yang terlibat dalam proses penyaluran ayam broiler dari peternak ke konsumen di pasar tradisional Kota Watampone Kabupaten Bone. Di pasar tradisional tersebut terdapat dua saluran pemasaran yaitu saluran pemasaran I (dua tingkat) yang terdiri dari peternak, inti, pengecer dan konsumen. Saluran pemasaran II (tiga tingkat) yang terdiri dari peternak, inti, bakul, pengecer dan peternak. Margin pada saluran pemasaran I yaitu sebesar Rp. 2.638,- sedangkan pada saluran pemasaran II sebesar Rp. 2.805,-. Saluran pemasaran yang paling efisien berdasarkan margin yaitu saluran pemasaran I. Keuntungan terbanyak diperoleh pedagang pengecer pada saluran I yaitu sebesar Rp. 4.249 dikarenakan saluran pemasarannya terpendek. Farmer’s share pada saluran pemasaran I sebesar 89,01% dan saluran pemasaran II sebesar 87,79%. Keseluruhan saluran pemasaran dapat dikatakan efisien karena harga yang diterima peternak lebih dari setengah dari harga yang dibayarkan oleh konsumen. Efisiensi pemasaran pada saluran I sebesar 11,6% dan pada saluran pemasaran II sebesar 11%, semua saluran pemasaran efisien.

Keywords : Saluran Pemasaran, Margin Pemasaran, Keuntungan, Farmer’s Share, Efisiensi Pemasaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords : Saluran Pemasaran, Margin Pemasaran, Keuntungan, Farmer’s Share, Efisiensi Pemasaran.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions (Program Studi): Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 22 Apr 2024 01:15
Last Modified: 22 Apr 2024 01:15
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30786

Actions (login required)

View Item
View Item