EFEKTIVITAS CALCIUM PYROPHOSPHATE DARI CANGKANG KERANG MUTIARA (PINCTADA MAXIMA) SEBAGAI BAHAN REGENERASI TULANG TERHADAP EKSPRESI OSTEOPROTEGERIN (OPG)( Studi In Vivo pada defek femur marmut jantan) = EFFECTIVENESS OF CALCIUM PYROPHOSPHATE FROM SHELL PEARL (PINCTADA MAXIMA) AS A BONE REGENERATION MATERIAL ON OSTEOPROTEGERIN (OPG) EXPRESSION (In Vivo study on femur defects of male guinea pigs)


Tetan-el, Daniel (2023) EFEKTIVITAS CALCIUM PYROPHOSPHATE DARI CANGKANG KERANG MUTIARA (PINCTADA MAXIMA) SEBAGAI BAHAN REGENERASI TULANG TERHADAP EKSPRESI OSTEOPROTEGERIN (OPG)( Studi In Vivo pada defek femur marmut jantan) = EFFECTIVENESS OF CALCIUM PYROPHOSPHATE FROM SHELL PEARL (PINCTADA MAXIMA) AS A BONE REGENERATION MATERIAL ON OSTEOPROTEGERIN (OPG) EXPRESSION (In Vivo study on femur defects of male guinea pigs). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
J035201006_tesis_14-07-2023 cover1.png

Download (185kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
J035201006_tesis_14-07-2023 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
J035201006_tesis_14-07-2023 dp.pdf

Download (967kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
J035201006_tesis_14-07-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

EFEKTIVITAS CALCIUM PYROPHOSPHATE DARI CANGKANG KERANG MUTIARA (PINCTADA MAXIMA) SEBAGAI BAHAN REGENERASI TULANG TERHADAP EKSPRESI OSTEOPROTEGERIN (OPG)( Studi In Vivo pada defek femur marmut jantan) ABSTRAK Latar Belakang : Kalsium Pirofosfat (Ca2P2O7) merupakan salah satu bahan alami yang cukup menjanjikan untuk cangkok tulang karena memiliki potensi biodegradibel, biokompatibel dan osteokonduktif. Saat ini limbha dari cangkang kerang mutiara (Pinctada Maxima) belum maksimal sehingga dengan penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai sumber Kalsium Pirofosfat karena memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Osteoprotegerin (OPG) memiliki efek biologis pada sel-sel tulang yang menghambat ikatan RANK dan RANKL sehingga dapat mencegah pembentukan osteoklas. Secara tidak langsung dapat dikatakan bahwa regenerasi tulang dipengaruhi antara keseimbangan OPG dan RANKL Bahan dan Metode : Kalsium Pirofosfat dibuat dengan metode kalsinasi dengan Furnace dengan suhu 1000oC dan dicampur dengan larutan H3PO4, dan kemudian dicuci dengan aseton dan difurnace lagi dengan suhu 800oC. Sebanyak 30 ekor marmut dilakukan pembuatan defek pada bagian femur dan dibagi menjadi tiga kelompok yaitu (1) kelompok perlakuan bonegraft Kalsium Pirofosfat, (2) kontrol positif Xenograft BATAN, (3) kontrol negatif diaplikasikan gel plasebo. Pada hari ke-14, dan 21 dilakukan sacrificed untuk pengambilan jaringan dan pemeriksaan immunohistokimia untuk melihat ekpresi OPG. Analisis data dilakukan dengan uji Shapiro wilk, uji Levene, dan ANOVA.Hasil : Pada hari ke-14 terjadi peningkatan jumlah ekspresi OPG dan pada hari ke-21 terjadi peningkatan jumlah ekspresi OPG yang signifikan (p<0.05) pada kelompok Kalsium Pirofofat dibandingkan dengan kelompok gel plasebo.Pembahasan : Bahan cangkok tulang Kalsium Pirofofat dapat berperan sebagai scaffold karena sifatnya yang biokompatibel dan berdegradibel. Penambahan Kalsium Pirofofsat dapat meningkatkan ekspresi OPG yang berperan sebagai inhibitor antara RANK dan RANKL pada proses penyembuhan tulang.Kesimpulan : Kalsium Pirofosfat yang berasar dari cangkang kerang mutiara dapat meningkatkan ekspresi OPG pada defek femur marmut.

Kata Kunci : Cangkang Kerang, Kalsium Pirofosfat, OPG, Bahan Regenerasi Tulang, Proses Penyembuhan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pearl Shell, Calcium Pyrophosphate, OPG, Bone Regeneration Material, Healing Process
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions (Program Studi): Fakultas Pendidikan Dokter Gigi > PPDGS - Dokter Gigi Periodonsia
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 19 Apr 2024 07:54
Last Modified: 19 Apr 2024 08:23
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30700

Actions (login required)

View Item
View Item