TINDAK TUTUR ILOKUSI EKSPRESIF DALAM FILM UANG PANAI' MAHA(L)R: ANALISIS PRAGMATIK = EXPRESSIVE SPEECH IN THE MOVIE UANG PANAI' MAHA(L)R: ANALYTIC PRAGMATICS


Parassa, Muhammad Zulvikar Anzar (2023) TINDAK TUTUR ILOKUSI EKSPRESIF DALAM FILM UANG PANAI' MAHA(L)R: ANALISIS PRAGMATIK = EXPRESSIVE SPEECH IN THE MOVIE UANG PANAI' MAHA(L)R: ANALYTIC PRAGMATICS. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F51116305_skripsi_09-11-2023 CAVER1.jpg

Download (267kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F51116305_skripsi_09-11-2023 BAB 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F51116305_skripsi_09-11-2023 DP.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F51116305_skripsi_09-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 November 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK

Muhammad Zulvikar Anzar Parassa. 2023. Tindak Tutur Ilokusi Ekspresif dalam Film Uang Panai’ Maha(L)R : Analisis Pragmatik. (dibimbing oleh Gusnawaty, dan Pammuda).
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan wujud tindak tutur Ilokusi Ekspresif serta bentuk dan fungsi tindak tutur ilokusi Ekspresif yang terdapat dalam dialog film Uang Panai’ Maha(L)R. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara teknik menyimak dan mencatat, dimulai dengan mmenetapkan tindak tutur dan film tersebut, mengklasifikasi dan menginterpresentasi teks/skenario film tersebut. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif yang mendeskripsikan wujud tindak tutur Ilokusi Ekspresif berdasarkan teori Searle serta bentuk dan fungsi tindak tutur ilokusi Ekspresif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Terdapat dua cara pengungkapan bentuk tindak tutur ekspresif dalam film uang Uang Panai’ Maha(L)R, meliputi tindak tutur langsung dan tidak langsung. Data menunjukkan cara pengungkapan bentuk tindak tutur ekspresif dalam tindak tutur langsung atau literal pada dialog film Uang Panai’ Maha(L)R. Terdapat tuturan yang teridentifikasi sebagai tindak tutur ekspresif dengan cara pengungkapan tuturan meminta maaf, keinginan, marah, mengucapkan terimakasih, sedih, kecewa, mengucapkan selamat, dan mengeluh. Terdapat bentuk tindak tutur ekspresif dalam tindak tutur tidak langsung atau tidak literal pada dialog film Uang Panai’ Maha(L)R. Terdapat tuturan yang teridentifikasi sebagai tindak tutur ekspresif dengan cara pengungkapan tuturan mengungkapkan marah, kecewa, sedih, mengucapkan selamat, dan keinginan. Fungsi tindak tutur ilokusi ekspresif dalam film Uang Panai’ Maha(L)R, tindak tutur ilokusi ekspresif merupakan pernyataan yang menggambarkan apa yang penutur rasakan. Tindak tutur ekspresif juga dapat diartikan tindak tutur yang ditujukan sebagai hal yang diutarakan, dalam dialog film Uang Panai’ Maha(L)R terdapat 6 tindak tutur ekspresif yakni mengungkapkan perasaan, mengcapkan terimakasih, mengeluh, mengucapkan selamat, mengucapkan keinginan / harapan, mengucapkan permintaan maaf.

Kata kunci: Bugis-Makassar, uang panaik, tindak tutur, ilokusi, ekspresif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: bugis-makassar, uang panaik, ACTS of speech, illusions, expressive.
Subjects: P Language and Literature > PC Romance languages
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Bugis-Makassar
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Apr 2024 00:43
Last Modified: 18 Apr 2024 00:43
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30682

Actions (login required)

View Item
View Item