PERSEPSI PETERNAK TERHADAP KARAKTERISTIK INOVASI PADA PEMANFAATAN JERAMI PADI SEBAGAI PAKAN TERNAK SAPI POTONG DI DESA TAMBANGAN, KECAMATAN KAJANG, KABUPATEN BULUKUMBA = FARMERS' PERCEPTION OF INNOVATION CHARACTERISTICS IN THE USE OF RICE STRAW AS FEED FOR BEEF CATTLE IN TAMBANGAN VILLAGE, KAJANG DISTRICT, BULUKUMBA REGENCY


Nurwanti, Rika (2023) PERSEPSI PETERNAK TERHADAP KARAKTERISTIK INOVASI PADA PEMANFAATAN JERAMI PADI SEBAGAI PAKAN TERNAK SAPI POTONG DI DESA TAMBANGAN, KECAMATAN KAJANG, KABUPATEN BULUKUMBA = FARMERS' PERCEPTION OF INNOVATION CHARACTERISTICS IN THE USE OF RICE STRAW AS FEED FOR BEEF CATTLE IN TAMBANGAN VILLAGE, KAJANG DISTRICT, BULUKUMBA REGENCY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
I011191077_skripsi_11-08-2023_cover1.png

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
I011191077_skripsi_11-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (813kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
I011191077_skripsi_11-08-2023 dp.pdf

Download (777kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
I011191077_skripsi_11-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 November 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK Rika Nurwanti (I011191077) Persepsi Peternak Terhadap Krakteristik Inovasi Pada Pemanfaatan Jerami Padi Sebagai Pakan Ternak Sapi Potong Di Desa Tambangan Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba.Di bawah bimbingan Ibu Agustina Abdullah sebagai pembimbing utama dan Bapak Ilham Syarif sebagai pembimbing anggota Sapi potong merupakan salah satu ternak yang banyak dikembangkan oleh peternak di Indonesia. Jerami padi dapat dimanfaatkan sebagai pakan alternatif sapi potong dan persepsi dapat menentukan pandangan atau langkah peternak terhadap karakteristik inovasi pada pemanfaatan jerami padi. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini untuk mengetahui persepsi peternak terhadap karakteristik inovasi pada pemanfaatan jerami padi sebagai pakan ternak sapi potong di Desa Tambangan, Kecamatan Kajang, Kabupaten Bulukumba. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai Mei 2023. Penelitian ini dilakukan di Desa Tambangan, Kecamatan Kajang, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif yaitu penelitian yang mendeskripsikan atau menggambarkan data. Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 59 responden. Data primer diperoleh melalui wawancara langsung dengan peternak menggunakan kuisioner. Dalam penelitian ini digunakan analisis data skala likert untuk mengetahui persepsi peternak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Persepsi Peternak Terhadap Karakteristik Inovasi pada Pemanfaatan Jerami Padi sebagai pakan ternak sapi potong dari segi keuntungan relatif, Kompatibilitas, triability dan observability berada pada kategori tinggi namun persepsi peternak dari segi kompleksitas berada pada kategori rendah atau tidak setuju, maka dari semua indikator pengukuran dapat dikatakan secara umum penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi peternak terhadap karakteristik inovasi pada pemanfaatan jerami padi sebagai pakan ternak sapi potong berada pada kategori tinggi .

Kata Kunci: Jerami padi, Pakan, Peternak ,Sapi Potong

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Rice straw, Feed, Farmer ,Beef Cattle
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions (Program Studi): Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Apr 2024 00:43
Last Modified: 18 Apr 2024 00:43
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30681

Actions (login required)

View Item
View Item