KONTRAK JUAL BELI MELALUI INTERNET (E-COMMERCE) DALAM PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI ISLAM = E-COMMERCE SALE AND PURCHASE CONTRACTS IN THE PERSPECTIVE OF ISLAMIC ECONOMIC LAW


Fauzi, Wahyu Furgani (2023) KONTRAK JUAL BELI MELALUI INTERNET (E-COMMERCE) DALAM PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI ISLAM = E-COMMERCE SALE AND PURCHASE CONTRACTS IN THE PERSPECTIVE OF ISLAMIC ECONOMIC LAW. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
TESIS WAHYU pdf caver1.jpg

Download (297kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
TESIS WAHYU pdf bab 1-2.pdf

Download (808kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
TESIS WAHYU pdf dp.pdf

Download (161kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
TESIS WAHYU pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

WAHYU FURGANI FAUZI (B022192027). Kontrak Jual Beli E-Commerce Dalam Perspektif Hukum Ekonomi Islam, dibimbing oleh Arfin Hamid dan Hasbir Paserangi.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis E-Commerce sebagai media atau sarana mencapai tujuan hukum islam, dan Keabsahan jual beli E-Commerce dalam perspektif hukum ekonomi Islam Tipe Penelitian ini adalah tipe penelitian empiris. Data dikualifikasi sebagai data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara, dan data sekunder diperoleh melalui studi literatur. Data yang dikumpulkan kemudian diolah dengan menggunakan pendekatan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) E-Commerce dapat menjadi media untuk mencapai tujuan hukum ekonomi islam karena jika dilihat dari aspek Maqashid Syariah, dalam transaksi online ada kemaslahatan yakni kemudahan dalam bertransaksi, efisiensi waktu, dan meningkatkan perekonomian . Disini E-Commerce ada sebagai sarana penyedia/ media transaksi online itu sehingga tujuan utama dalam hukum islam; 2) Dalam hukum islam, e-commerce termasuk dalam muamalah bidang jual beli daring yang turunan dari sistem ekonomi islam ,dalam pelaksanaannya dapat menggunakan akad jual beli sesuai dengan DSN-MUI Nomor 146/XII/2021. Prinsip dasar dalam transaksi muamalah adalah boleh selama tidak dilarang oleh Syariat atau bertentangan dengan adil (Nash) Syariah. 3) Dalam Penerapan e-commerce di Indonesia telah menunjukkan adanya prinsip-prinsip jual beli online dalam Islam. Masing-masing bisnis online maupun e-commerce telah memiliki mekanisme berbelanja yang didalamnya memuat prinsip jual beli online sesuai hukum ekonomi islam.

Kata Kunci : E-Commerce, Jual Beli, Ekonomi Islam, Penerapan

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: E-Commerce, Buying and Selling, Islamic Economics, Consumers
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Kenotariatan
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 19 Apr 2024 03:07
Last Modified: 19 Apr 2024 03:07
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30679

Actions (login required)

View Item
View Item