PENGATURAN HONORARIUM PEJABAT PEMBUAT AKTA TANAH


Handayani, Husna (2023) PENGATURAN HONORARIUM PEJABAT PEMBUAT AKTA TANAH. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of TESIS HUSNA[1](1) bab 1-2.pdf] Text
TESIS HUSNA[1](1) bab 1-2.pdf

Download (541kB)
[thumbnail of TESIS HUSNA[1](1) dp.pdf] Text
TESIS HUSNA[1](1) dp.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of TESIS HUSNA[1](1).pdf] Text
TESIS HUSNA[1](1).pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2025.

Download (632kB)

Abstract (Abstrak)

HUSNA HANDAYANI (B022192005), “Pengaturan Honorarium Pejabat Pembuat Akta Tanah” dibimbing oleh Aminuddin Ilmar dan Muhammad Aswan.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis esensi pengaturan honorarium Pejabat Pembuat Akta Tanah yang lama dan baru dan (2) menganalisis prinsip keadilan dalam pengaturan honorarium Pejabat Pembuat Akta Tanah.

Penelitian ini menggunakan tipe penelitian hukum normatif dengan menggunakan pendekataan perundang-undangan dan pendekatan konseptual. Bahan hukum primer ,sekunder, dan tersier dengan teknik pengumpulan data berupa studi kepustakaan baik berupa perundang-undangan, buku, jurnal serta media massa yang terpercaya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Esensi pengaturan honorarium PPAT adalah untuk mewujudkan kepastian hukum dengan adanya kejelasan mengenai honorarium PPAT serta mewujudkan keadilan melalui pemerataan honorarium bagi PPAT (2) Prinsip keadilan yang diterapkan dalam pengaturan honorarium Pejabat Pembuat Akta Tanah adalah menggunakan keadilan distributif yang mana menilai keadilan dari proporsionalitas atau kesebandingan yang berdasarkan pada hak, jasa, uang, dan juga jabatan, sehingga PPAT merupakan suatu jabatan yang menerima hak berupa honorarium atas suatu jasa yang diberikan kepada klien atau masyarakat.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Kenotariatan
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 19 Apr 2024 01:52
Last Modified: 19 Apr 2024 01:52
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30677

Actions (login required)

View Item
View Item