Metode Pendugaan Bobot Badan Sapi Yang Berbeda Sebagai Dasar Penentu Harga Jual Sapi Potong Mitra MBC Di Kecamatan Barru Kabupaten Barru = Methods for Estimating Different Body Weights of Cattle as the Basis for Determining the Selling Price of MBC Partners' Beef Cattle in Barru District, Barru Regency


Pusvitasari, Aulya Deswanda (2023) Metode Pendugaan Bobot Badan Sapi Yang Berbeda Sebagai Dasar Penentu Harga Jual Sapi Potong Mitra MBC Di Kecamatan Barru Kabupaten Barru = Methods for Estimating Different Body Weights of Cattle as the Basis for Determining the Selling Price of MBC Partners' Beef Cattle in Barru District, Barru Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
I011191044_skripsi_11-08-2023_cover1.png

Download (645kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
I011191044_skripsi_11-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (10MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
I011191044_skripsi_11-08-2023 dp.pdf

Download (9MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
I011191044_skripsi_11-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 November 2025.

Download (30MB)

Abstract (Abstrak)

Indonesia memiliki potensi peternakan yang cukup besar dengan produk unggulan yaitu sapi potong. Salah satu daerah yang memiliki potensi yang sangat besar untuk pengembangan usaha ternak sapi potong yaitu Kabupaten Barru. Melihat potensi di wilayah ini maka, PT. Hasanuddin Agrivisi Internusa (PT. HAI) melakukan kerja sama pola kemitraan dengan Kabupaten Barru yang dikenal dengan mitra MBC. MBC (Maiwa Breeding Center) merupakan salah satu unit bisnis Universitas Hasanuddin yang berada dibawah naungan PT. Hasanuddin Agrivisi Internusa (PT. HAI) yang bergerak di bidang pembibitan sapi lokal. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengembangkan usaha peternakan sapi yaitu dengan mempelajari performa ternak. Performa ternak sebagai penentu harga jual dilihat dari BB dan ukuran tubuh ternak. Penentuan bobot badan ternak sapi dapat diketahui dengan 3 cara yaitu metode aktual, taksiran, dan rumus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pendugaan bobot badan sapi yang paling tepat sebagai penentu harga jual ternak sapi potong mitra MBC dan juga untuk menguji hubungan antara performa eksterior dengan harga jual ternak sapi potong mitra MBC di Kecamatan Barru, Kabupaten Barru. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai Maret 2023 di Kecamatan Barru, Kabupaten Barru. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif dan eksplanasi. Jenis dan sumber data yang digunakan pada penelitian ini yaitu data kuantitatif, data primer, dan data sekunder dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan kuisioner. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa metode pendugaan BB yang paling tepat sebagai dasar penentu harga jual sapi Bali mitra MBC di Kecamatan Barru Kabupaten Barru, baik jantan maupun betina yaitu menggunakan metode rumus pendugaan bobot badan menggunakan rumus Deswanda, dan juga terdapat keeratan hubungan yang sangat kuat antara performa eksterior khususnya variabel tinggi pundak dengan harga jual ternak untuk sapi betina, dan variabel tinggi pundak dan panjang badan untuk sapi jantan.

Keywords : Bobot Badan, Harga Jual, Performa Eksterior, Rumus, Ternak Sapi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Body Weight, Selling Price, Exterior Perfomance, Formula, Cattle
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions (Program Studi): Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Apr 2024 00:36
Last Modified: 18 Apr 2024 00:36
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30664

Actions (login required)

View Item
View Item