Pemanfaatan Youtube sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Kompetensi Menyimak Cerita Anak pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Caturtunggal 1 Depok Daerah Istimewa Yogyakarta = Utilization of Youtube as a Media for Learning Indonesian Language to Improve Competence of Listening to Children's Stories in Caturtunggal 1 Public Elementary School Students Depok Special Region of Yogyakarta


Naidah, Naidah (2023) Pemanfaatan Youtube sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Kompetensi Menyimak Cerita Anak pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Caturtunggal 1 Depok Daerah Istimewa Yogyakarta = Utilization of Youtube as a Media for Learning Indonesian Language to Improve Competence of Listening to Children's Stories in Caturtunggal 1 Public Elementary School Students Depok Special Region of Yogyakarta. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F032212009_tesis_09-11-2023 CAVER1.jpg

Download (367kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F032212009_tesis_09-11-2023 BAB 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F032212009_tesis_09-11-2023 DP.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F032212009_tesis_09-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

Naidah. Pemanfaatan Youtube sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Kompetensi Menyimak Cerita Anak pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Caturtunggal 1 Depok Daerah Istimewa Yogyakarta (dibimbing oleh Asriani Abbas dan Kaharuddin).

Penelitian ini bertujuan menjelaskan kompetensi menyimak cerita anak melalui pembelajaran konvensional siswa SD Negeri Caturtunggal 1 Depok Daerah Istimewa Yogyakarta; menjelaskan kompetensi menyimak cerita anak melalui pemanfaatan media Youtube siswa SD Negeri Caturtunggal 1 Depok Daerah Istimewa Yogyakarta; menemukan efektivitas pemanfaatan media Youtube terhadap peningkatan kompetensi menyimak cerita anak siswa SD Negeri Caturtunggal 1 Depok Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Caturtunggal 1 Depok Daerah Istimewa Yogyakarta. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, tes, dan wawancara. Data dianalisis dengan model analisis interaktif yang meliputi reduksi, penyajian, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan metode konvensional dalam pengajaran kurang maksimal. Siswa kurang antusias dan tidak termotivasi saat pelajaran bahasa Indonesia Keterampilan Menyimak Cerita Anak, nilai yang diperoleh siswa rendah.siswa kurang berkompeten dalam pelajaran Bahasa Indonesia keterampilan menyimak ceita anak. Hal ini dapat terlihat dari hasil tes pratindakan kisaran nilai 25-44, (2) bentuk pemanfaatan youtube sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan kompetensi menyimak Cerita Anak pada siswa kelas V SD Negeri Caturtunggal 1 Depok Daerah Istimewa Yogyakarta dan (3) penerapan media youtube dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi “Menyimak Cerita Anak” efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa terutama siswa kelas V SD Caturtunggal 1 Depok Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Peningkatan hasil belajar ditandai dengan meningkatnya jumlah siswa yang mencapai batas ketuntasan dari pratindakan siklus I hingga siklus II. Rata-rata nilai hasil belajar pada pembelajaran pratindakan ini adalah 58,05, dengan persentase ketuntasan adalah 39%. Adapun rata-rata nilai ketuntasan pascatindakan pada siklus I adalah 70,83 dengan persentase kelulusan adalah 77,77%, sedangkan pada siklus II, nilai rata-ratanya adalah 76,38 dengan persentase kelulusan adalah 94, 44%.

Keywords : media pembelajaran, youtube, menyimak, hasil belajar

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: learning media, youtube, listening, learning outcomes
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Indonesia
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 16 Apr 2024 06:25
Last Modified: 16 Apr 2024 06:25
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30613

Actions (login required)

View Item
View Item