Tindak Tutur Ilokusi dan Perlokusi pada Acara Talk Show Dua Sisi di TV One: Kajian Pragmatik = Illocutionary and Perlocutionary Speech Acts in “Dua Sisi” Talk Show on TV One: Study of Pragmatics


Kramadanu, Warits (2023) Tindak Tutur Ilokusi dan Perlokusi pada Acara Talk Show Dua Sisi di TV One: Kajian Pragmatik = Illocutionary and Perlocutionary Speech Acts in “Dua Sisi” Talk Show on TV One: Study of Pragmatics. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F032212005_tesis_09-11-2023 CAVER1.jpg

Download (277kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F032212005_tesis_09-11-2023 BAB 1-2.pdf

Download (904kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F032212005_tesis_09-11-2023 DP.pdf

Download (824kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F032212005_tesis_09-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

WARITS KRAMADANU. Tindak Tutur Ilokusi dan Perlokusi pada Acara Talk Show Dua Sisi di TV One: Kajian Pragmatik (dibimbing oleh Lukman dan Ikhwan M. Said). Media penyiaran turut ambil andil dalam proses pertuturan politisi. Biasanya politisi menggunakan tuturan yang memiliki maksud tersirat atau sering disebut dengan tuturan ilokusi. Apabila mitra tutur menangkap maksud yang ada di balik tuturan tersebut, akan timbul efek atau respon. Efek inilah yang disebut dengan tindak tutur perlokusi. Penelitian ini bertujuan memaparkan jenis tuturan ilokusi pada acara Dua Sisi di TV One; mendeskripsikan fungsi ilokusi pada acara Dua Sisi di TV One; dan mengungkap bentuk tuturan perlokusi pada acara Dua Sisi di TV One. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan pragmatik. Data lisan berupa tuturan diunduh melalui youtube dengan menggunakan metode simak, teknik dokumentasi, dan teknik catat. Populasi penelitian ini adalah seluruh tuturan ilokusi dan perlokusi yang dituturkan oleh narasumber pada acara Dua Sisi di TV One. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan mengambil empat contoh tuturan setiap klasifikasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam acara Dua Sisi di TV One terdapat tiga jenis tuturan ilokusi, yaitu tuturan asertif, direktif, dan ekspresif. Tidak hanya itu, terdapat sepuluh fungsi tuturan ilokusi yang dituturkan narasumber dalam acara Dua Sisi di TV One, yaitu menyindir, menghina, memprovokasi, memuji, menyarankan, mengklarifikasi, menyalahkan, mengajak, mengkritik, dan menyuruh. Selanjutnya, dari tuturan ilokusi tersebut dihasilkan respon berupa tuturan perlokusi. Bentuk Tuturan perlokusi yang ditemukan sebanyak lima, yaitu marah, tersinggung, melawan, meluruskan, dan membantah yang ditunjukkan melalui bentuk bahasa yang digunakan, ekspresi, dan tindakan narasumber.

Keywords : ilokusi dan perlokusi, talk show, Dua Sisi di TV One

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: illocutionary, perlocutionary, talk show, “Dua Sisi”, TV One
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Indonesia
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 16 Apr 2024 01:04
Last Modified: 16 Apr 2024 01:04
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30606

Actions (login required)

View Item
View Item