Hubungan karakteristik terhadap motivasi beternak sapi potong di dusun pammukkulu desa ko'mara kecamatan polongbangkeng utara kabupaten takalar = The Relationship between Farmer Characteristics and Beef Cattle Raising Motivation in Pammukkulu Hamlet, Ko'mara Village, Polongbangkeng Utara District, Takalar Regency.


Anwar, Reskiwanti (2023) Hubungan karakteristik terhadap motivasi beternak sapi potong di dusun pammukkulu desa ko'mara kecamatan polongbangkeng utara kabupaten takalar = The Relationship between Farmer Characteristics and Beef Cattle Raising Motivation in Pammukkulu Hamlet, Ko'mara Village, Polongbangkeng Utara District, Takalar Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
I011181082_skripsi_11-08-2023_cover1.png

Download (297kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
I011181082_skripsi_11-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
I011181082_skripsi_11-08-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
I011181082_skripsi_11-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran motivasi peternak dalam beternak sapi potong di Dusun Pammukkulu Desa Ko’mara Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar. Untuk mengetahui hubungan karakteristik peternak (umur, tingkat Pendidikan, pengalam beternak, jumlah tanggungan keluarga dan jumlah kepemilikan ternak) secara parsial terhadap motivasi peternak dalam usaha sapi potong di Dusun Pammukkulu Desa ko’mara Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif (Statistik deskriftif) Pearson Correlation. Populasi sebanyak 130 peternak sapi potong yang ada di Dusun Pammukkulu Desa Ko’mara Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar. Adapun sampel yang digunakan sebanyak 75 yang dihitung menggunakan rumus slovin. Analisis data yang digunakan untuk mengetahui sejauh mana hubungan arakteristik individu terhadap motivasi peternak sapi potong digunakan uji F dan Uji T pada Analisis Regresi Linear Berganda, yang diolah dengan bantuan program SPSS. Berdasarkan hasil analisis tentang korelasi antara karakteristik dengan motivasi peternak di Dusun Pammukkulu Desa ko’mara Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar, karakteristik yang dimiliki oleh peternak seperti umur, tingkat Pendidikan, pengalaman beternak dan jumlah kepemilikan ternak dapat digolong rendah. Hal ini hanya tingkat pengalaman beternak yang dimiliki pengarauh terhadap tingkat motivasi peternak.

Kata Kunci: Hubungan, Karakteristik Peternak, Motivasi Beternak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Relationship, Characteristics of Breeders, Raising Motivation
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions (Program Studi): Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 16 Apr 2024 00:32
Last Modified: 16 Apr 2024 00:32
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30603

Actions (login required)

View Item
View Item