PENGGUNAAN EUFEMISME TSAMARA AMANY PADA PODCAST TSAMA DENGAN: KAJIAN STILISTIKA = THE USE OF EUPHEMISMS BY TSAMARA AMANY IN THE TSAMA DENGAN PODCAST: A STYLISTIC STUDY


Annisa, Tasya Nurul (2023) PENGGUNAAN EUFEMISME TSAMARA AMANY PADA PODCAST TSAMA DENGAN: KAJIAN STILISTIKA = THE USE OF EUPHEMISMS BY TSAMARA AMANY IN THE TSAMA DENGAN PODCAST: A STYLISTIC STUDY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F032212001_tesis_09-11-2023 CAVER1.jpg

Download (260kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F032212001_tesis_09-11-2023 BAB 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F032212001_tesis_09-11-2023 DP.pdf

Download (379kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F032212001_tesis_09-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 November 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

TASYA NURUL ANNISA. Penggunaan Eufemisme Tsamara Amany pada Podcast Tsama Dengan: Kajian Stilistika (dibimbing oleh Nurhayati dan Ikhwan M. Said).Emosi yang sulit dikontrol saat bertutur dapat mengganggu pikiran dan perasaan sehingga berdampak pada komunikasi yang berjalan tidak sempurna dan ketidaknyamanan lawan tutur. Demi menghindari hal tersebut, biasanya seseorang menggunakan eufemisme untuk mengganti kata atau ungkapan yang memiliki makna negatif dan menyudutkan orang lain dengan ungkapan yang lebih halus. Eufemisme menjadi opsi yang baik untuk menyampaikan topik yang dianggap sensitif sehingga penggunaannya dipraktikkan oleh berbagai kalangan, salah satunya dalam Podcast Tsama Dengan yang dipandu oleh Tsamara Amany.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tipe eufemisme yang digunakan Tsamara Amany pada Podcast Tsama Dengan dan menjelaskan fungsi penggunaan eufemisme Tsamara Amany pada Podcast Tsama Dengan.Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan stilistika. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode simak dengan teknik catat, rekam, dan simak bebas libat cakap. Sumber data dalam penelitian ini diambil dari 25 rekaman suara Podcast
Tsama Dengan sejak 12 April 2022 hingga 6 Desember 2022. Data tersebut berupa data lisan yang mengandung gaya bahasa eufemisme pada Podcast Tsama Dengan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat data yang mengandung gaya bahasa eufemisme yang dilihat berdasarkan tipe dan fungsinya. Terdapat sembilan tipe eufemisme yang ditemukan, yaitu ekspresi figuratif, flipansi, membangun pola atau ungkapan baru, sirkomlokusi, suku kata baru menggantikan kata lain, sebahagian untuk keseluruhan, makna di luar pernyataan, penggunaan peminjaman istilah, dan penggunaan bahasa kolokial. Adapun dari segi fungsi terdapat empat klasifikasi, yaitu penghalusan ucapan, kerahasiaan, edukasi, dan penolak bahaya. Dari tipe dan fungsi eufemisme yang didapatkan telah menunjukkan bahwa penggunaan eufemisme Tsamara Amany sangat dipengaruhi oleh latar belakangnya yang memiliki kemampuan berbahasa asing tetapi tetap mempertahankan identitas diri sebagai perempuan yang memiliki tutur kata lebih halus.

Keywords : stilistika, eufemisme, Tsamara Amany, Podcast Tsama Dengan

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: stylictic, euphemisms, Tsamara Amany, Tsama Dengan Podcast
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Indonesia
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 16 Apr 2024 00:29
Last Modified: 16 Apr 2024 00:29
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30602

Actions (login required)

View Item
View Item