PENGGUNAAN BAHASA DI RUANG PUBLIK: STUDI LANSKAP LINGUISTIK DI PUSAT PERBELANJAAN KOTA MAKASSAR = USE OF LANGUAGE IN THE PUBLIC SPACE: STUDY OF LINGUISTIC LANDSCAPE AT SHOPPING CENTER IN MAKASSAR CITY


Syamsurijal, Syamsurijal (2023) PENGGUNAAN BAHASA DI RUANG PUBLIK: STUDI LANSKAP LINGUISTIK DI PUSAT PERBELANJAAN KOTA MAKASSAR = USE OF LANGUAGE IN THE PUBLIC SPACE: STUDY OF LINGUISTIC LANDSCAPE AT SHOPPING CENTER IN MAKASSAR CITY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F032211014_tesis_09-11-2023 CAVER1.jpg

Download (258kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F032211014_tesis_09-11-2023 BAB 1-2.pdf

Download (526kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F032211014_tesis_09-11-2023 DP.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F032211014_tesis_09-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

SYAMSURIJAL. Penggunaan Bahasa di Ruang Publik: Studi Lanskap Linguistik di Pusat Perbelanjaan Kota Makassar (dibimbing oleh Lukman dan Ery Iswary).

Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan bentuk penggunaan bahasa pada ruang publik di pusat perbelanjaan Kota Makassar; 2) mendeskripsikan fungsi penggunaan bahasa pada ruang publik di pusat perbelanjaan Kota Makassar; dan 3) mengetahui pola penggunaan bahasa pada ruang publik di pusat perbelanjaan Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang didesain secara deskriptif. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan lanskap linguistik. Kemudian sumber data penelitian ini adalah Mal Ratu Indah, Mal Panakkukang, dan Mal Nipah. data yang diperoleh akan dianalis menggunakan metode analisis data interaktif dengan cara mengorganisasi data yang diperoleh ke dalam sebuah kategori, manjabarkan data ke dalam unit-unit, menganalisis data yang penting, menyusun atau menyasikan data yang sesuai dengan masalah penelitian dalam bentuk laporan, dan membuat kesimpulan agar mudah dipahami. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) bentuk pengunaan bahasa pada ruang publik di pusat perbelanjaan Kota Makassar terdiri atas dua bentuk yaitu, top-dwon dan bottom-up, 2) fungsi penggunanan bahasa pada ruang publik di pusat perbelanjaan kota Makassar terdiri atas dua, yaitu fungsi informasi dan fungsi simbolik, dan 3) pola penggunaan bahasa pada ruang publik di pusat perbelanjaan Kota Makassar terdiri atas dua, yaitu pola monolingual dan bilingual.

Kata kunci: lanskap linguistik, pusat perbelanjaan, top down-bottom-up, ruang publik

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: linguistic landscape, shopping center, top down-bottom-up, public space
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Indonesia
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 05 Apr 2024 05:52
Last Modified: 05 Apr 2024 05:52
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30601

Actions (login required)

View Item
View Item