Kadir, Indira (2023) STUDI KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN INSTALASI FARMASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT UNIVERSITAS HASANUDDIN = STUDY OF PATIENT SATISFACTION OF OUTPATIENT PHARMACY SERVICES IN UNIVERSITAS HASANUDDIN HOSPITAL. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/30594/2.hassmallThumbnailVersion/N011181358_skripsi_20-03-2023%20cover1.png)

N011181358_skripsi_20-03-2023 cover1.png
Download (100kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
N011181358_skripsi_20-03-2023 1-2.pdf
Download (822kB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
N011181358_skripsi_20-03-2023 dp.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
N011181358_skripsi_20-03-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Pelayanan kefarmasian merupakan suatu pelayanan langsung dan bertanggung jawab terhadap pasien. Salah satu bentuk pelayanan yaitu ketersediaan sediaan farmasi demi untuk meningkatkan mutu layanan dan kepuasan pasien atau pelanggan. Kepuasan pasien atau pelanggan adalah perasaan senang atau kecewa yang dirasakan pasien setelah mendapatkan pelayanan yang diperoleh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat kepuasaan pasien terhadap pelayanan instalasi farmasi rawat jalan Rumah Sakit Universitas Hasanuddin dengan menggunakan metode Servqual. Salah satu cara untuk mengukur kepuasan pelanggan adalah dengan menggunakan metode SERVQUAL (Service Quality). SERVQUAL terdiri atas lima dimensi yaitu Tangible, Responsiveness, Reliability, Empathy dan Assurance. Instrumen yang digunakan diberikan langsung kepada responden yang menjawab berdasarkan Skala Likert. Dengan jumlah responden 100 diperoleh nilai rata-rata dari keseluruhan dimensi yang digunakan yaitu 88% yang termasuk dalam kategori sangat puas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pelayanan instalasi farmasi rawat jalan pada Rumah Sakit Universitas Hasanuddin berada di kategori sangat puas.
Kata kunci : Pelayanan kefarmasian, Kepuasan pelanggan, SERVQUAL, RS UNHAS
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pharmaceutical service, Customer satisfaction, SERVQUAL, UNHAS Hospital |
Subjects: | R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Farmasi > Farmasi |
Depositing User: | Nasyir Nompo |
Date Deposited: | 05 Apr 2024 05:21 |
Last Modified: | 05 Apr 2024 05:21 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30594 |