PERSEPSI MAHASISWA INTERNASIONAL TERHADAP INTRUKSI BAHASA INGGRIS DALAM PENGGUNAAN PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS HASANUDDIN (Studi Deskriptif terhadap Penyediaan Sumber-Sumber Pembelajaran Elektronik) = THE PERCEPTION OF INTERNATIONAL STUDENTS’ REGARDING ENGLISH INSTRUCTIONS ON THE USE OF HASANUDDIN UNIVERSITY LIBRARY (A DESCRIPTIVE STUDY IN THE PROVISION OF LEARNING RESOURCES


Abduh, Andi Nasri (2022) PERSEPSI MAHASISWA INTERNASIONAL TERHADAP INTRUKSI BAHASA INGGRIS DALAM PENGGUNAAN PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS HASANUDDIN (Studi Deskriptif terhadap Penyediaan Sumber-Sumber Pembelajaran Elektronik) = THE PERCEPTION OF INTERNATIONAL STUDENTS’ REGARDING ENGLISH INSTRUCTIONS ON THE USE OF HASANUDDIN UNIVERSITY LIBRARY (A DESCRIPTIVE STUDY IN THE PROVISION OF LEARNING RESOURCES. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F022211018_tesis_09-11-2023 CAVER1.jpg

Download (363kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F022211018_tesis_09-11-2023 BAB 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F022211018_tesis_09-11-2023 DP.pdf

Download (310kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F022211018_tesis_09-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 November 2025.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

ANDI NASRI ABDUH: Persepsi Mahasiswa Internasional terhadap Layanan Perpustakaan : Deskriptif Survey tentang Penyediaan Sumber-Sumber Belajar Elektronik (dibimbing oleh Noer Jihad Saleh and Abidin Pammu.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan persepsi mahasiswa asing terhadap layanan Perpustakaan Universitas Hasanuddin. (2) Untuk mengetahui manfaat penyediaan sumber daya elektronik untuk siswa internasional dalam kaitannya dengan kompetensi bahasa Inggris mereka.
Penelitian ini menggunakan metode survei deskriptif campuran kualitatif dan kuantitatif dan dilakukan pada awal Agustus hingga pertengahan Desember 2022. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner, wawancara dan Focus Group Discussion (FGD). Sampel diambil dari 12 mahasiswa di berbagai negara. Peneliti menganalisis data dengan menggunakan skala
Likert.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat persepsi positif tentang layanan perpustakaan Unhas khususnya dalam penyediaan e-resources untuk bahan pembelajaran. Sebagian besar peserta sepakat bahwa layanan perpustakaan sangat penting tidak hanya bagi mahasiswa dalam negeri tetapi juga bagi mahasiswa internasional. 16,7% siswa setuju, sedangkan 33,3% memilih sangat setuju. 25% responden memilih netral.
Meskipun beberapa siswa memilih untuk tidak setuju, sebagian besar dari mereka memilih sangat setuju. (2) juga menunjukkan bahwa terdapat 58,3% mahasiswa yang memilih sangat setuju bahwa e-resource perpustakaan Unhas dapat meningkatkan kemampuan akademik membaca dan menulis mahasiswa. 8,3% mahasiswa internasional memilih setuju dan
25% memberikan tanggapan netral kemudian mahasiswa memilih tidak setuju. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa internasional Unhas menganggap bahwa penyediaan sumber daya elektronik di perpustakaan Unhas sebenarnya dapat meningkatkan keterampilan membaca dan menulis akademik mereka.
Kesimpulan bahwa mahasiswa asing Universitas Hasanuddin memiliki persepsi yang baik dan positif terhadap layanan perpustakaan universitas hasanuddin khususnya dalam penyediaan sumber-sumber elektronik sebagai bahan bacaan dan bahan penulisan karya ilmiah.

Kata Kunci: Mahasiswa Internasional, Persepsi; layanan kualitas perpustakaan; sumber daya elektronik; alat dwibahasa.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: International Students', Perception; library quality services; e-resources; bilingual tools.
Subjects: P Language and Literature > PR English literature
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Inggris
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 05 Apr 2024 00:15
Last Modified: 18 Apr 2024 08:10
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30583

Actions (login required)

View Item
View Item