Efektivitas Program Simpan Pinjam Kelompok Perempuan (SPP) PNPM Mandiri Perdesaan (PNPM-MPd) di Desa Walenrang Kecamatan Walenrang Kabupaten Luwu = The Effectiveness of the Women's Group Savings and Loans Program (SPP) PNPM Mandiri in Rural Areas (PNPM-MPd) in Walenrang Village, Walenrang District, Luwu Regency


Musu', Alviani Wardianty (2023) Efektivitas Program Simpan Pinjam Kelompok Perempuan (SPP) PNPM Mandiri Perdesaan (PNPM-MPd) di Desa Walenrang Kecamatan Walenrang Kabupaten Luwu = The Effectiveness of the Women's Group Savings and Loans Program (SPP) PNPM Mandiri in Rural Areas (PNPM-MPd) in Walenrang Village, Walenrang District, Luwu Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E011191092_skripsi_09-08-2023 caver1.jpg

Download (270kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E011191092_skripsi_09-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E011191092_skripsi_09-08-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E011191092_skripsi_09-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 November 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Alviani Wardianty Musu’ (E011191092). Efektivitas Program Simpan Pinjam Kelompok Perempuan (SPP) PNPM Mandiri Perdesaan (PNPM-MPd) di Desa Walenrang Kecamatan Walenrang Kabupaten Luwu. XV + 105 Pages + 5 Gambar + 5 Tabel + 38 Daftar Pustaka + Lampiran + Dibimbing oleh Dr. Muhammad Yunus, MA dan Drs. Nelman Edy, M.Si

Permasalahan kemiskinanan merupakan masalah yang sudah ada sejak lama seiring bertambahnya jumlah penduduk khususnya di Indonesia. Oleh karena itu pemerintah di harapkan mampu mengatasi hal tersebut dikarenakan kemiskinan merupakan hal yang mendesak dan perlu penanganan yang serius. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah dalam menanggulangi kemiskinan adalah penyediaan modal melalui program Simpan Pinjam Kelompok Perempuan (SPP) PNPM Mandiri Perdesaan seperti yang ada di Desa Walenrang Kecamatan Walenrang Kabupaten Luwu.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Program Simpan Pinjam Kelompok Perempuan (SPP) PNPM Mandiri Perdesaan (PNPM-MPd) di Desa Walenrang Kecamatan Walenrang Kabupaten Luwu. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer yang bersumber dari wawancara langsung dengan informan/narasumber serta observasi langsung yang dilakukan peneliti dan data sekunder yang bersumber dari dokumen yang relevan dengan permasalahan penelitian.

Berdasarkan hasil penelitian tentang Efektivitas Program Simpan Pinjam Kelompok Perempuan (SPP) PNPM Mandiri Perdesaan (PNPM-MPd) di Desa Walenrang Kecamatan Walenrang Kabupaten Luwu, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Program Simpan Pinjam Kelompok Perempuan (SPP) PNPM Mandiri Perdesaan (PNPM-MPd) di Desa Walenrang Kecamatan Walenrang Kabupaten Luwu sudah efektif. Hal tersebut dikarenakan program tersebut telah memenuhi beberapa indikator yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pemahaman program Simpan Pinjam Kelompok Perempuan (SPP) meskipun belum optimal, ketepatan sasaran penerima program yakni kaum perempuan yang termasuk dalam golongan Rumah Tangga Miskin (RTM), ketepatan waktu penyetoran pinjaman ditiap bulannya, tercapainya tujuan program yakni kemudahan mengakses pendanaan usaha serta adanya perubahan nyata yang sudah dirasakan masyarakat seperti meningkatnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan perekonomian keluarga.

Keywords : Efektivitas, Program, Simpan Pinjam Kelompok Perempuan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Effectiveness, Program, Women's Group Savings and Loans
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 27 Mar 2024 00:49
Last Modified: 27 Mar 2024 00:49
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30554

Actions (login required)

View Item
View Item