PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PROGRAM PEMBANGUNAN INSTALASI PENGOLAHAN AIR LIMBAH (IPAL) KOMUNAL DI KELURAHAN BAROMBONG KECAMATAN TAMALATE KOTA MAKASSAR = COMMUNITY PARTICIPATION IN THE DEVELOPMENT PROGRAM OF COMMUNAL WASTEWATER TREATMENT (WWTP) IN BAROMBONG KELURAHAN KECAMATAN TAMALATE MAKASSAR CITY


Laguliga, Thoriq Agil (2023) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PROGRAM PEMBANGUNAN INSTALASI PENGOLAHAN AIR LIMBAH (IPAL) KOMUNAL DI KELURAHAN BAROMBONG KECAMATAN TAMALATE KOTA MAKASSAR = COMMUNITY PARTICIPATION IN THE DEVELOPMENT PROGRAM OF COMMUNAL WASTEWATER TREATMENT (WWTP) IN BAROMBONG KELURAHAN KECAMATAN TAMALATE MAKASSAR CITY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E011191071_skripsi_01-08-2023 caver1.jpg

Download (279kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E011191071_skripsi_01-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (736kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E011191071_skripsi_01-08-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E011191071_skripsi_01-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 November 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Keterlibatan masyarakat dalam program pembangunan IPAL Komunal menjadi kunci berhasilnya program sanitasi ini, tidak hanya sebagai perencanaan dan pelakaksana program saja. Akan tetapi melibatkan masyarakat dalam hal mengelola dan memelihara program tersebut. Ini akan mendorong masyarakat dalam mengerahkan segala kemampuan dan potensinya agar mencapai kualitas kehidupan masyarakat beserta lingkungannya akan lebih baik lagi.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis partisipasi pada tiap tahap partisipasi masyarakat dalam program IPAL Komunal Kelurahan Barombong, Kecamatan Tamalate. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat di Kelurahan Barombong RW 5 yaitu di RT 2 dan RT 5. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Non-Probability Sampling dengan metode slovin, Adapun sampel dalam penelitian ini 87 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibagikan secara langsung. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Kemudian teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode tabel frekuensi kemudian mendeskripsikan data yang telah dikumpulkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa partispasi masyarakat pada tiap tahap partisipasi secara keseluruhan di Kelurahan Barombong yaitu tahap perencanaan sebesar 63% dan masuk dalam kategori Tinggi, tahap pelaksanaan sebesar 67% dan masuk dalam kategori Tinggi, tahap pemanfaatan hasil dan pengolaan sebesar 55% dan masuk dalam kategori Tinggi, dan tahap evaluasi sebesar 69% dan masuk dalam kategori Tinggi.

Keywords : Partisipasi Masyarakat, Instalasi Pengolahan Air Limbah Komunal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Community Participation, Communal Wastewater Treatment Plant
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 27 Mar 2024 00:44
Last Modified: 27 Mar 2024 00:44
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30542

Actions (login required)

View Item
View Item