COACHING SUPORTIF TRANSPERSONAL PADA ODHIV MENGUNGKAP PENGALAMAN DAN EFEKTIFITASNYA DALAM MENINGKATKAN KADAR SEROTONIN DAN KUALITAS HIDUP = TRANSPERSONAL SUPPORTIVE COACHING OF PLHIV REVEALS EXPERIENCE AND EFFECTIVENESS IN INCREASING SEROTONIN LEVELS AND QUALITY OF LIFE


Tahir, Muh. Yusuf (2023) COACHING SUPORTIF TRANSPERSONAL PADA ODHIV MENGUNGKAP PENGALAMAN DAN EFEKTIFITASNYA DALAM MENINGKATKAN KADAR SEROTONIN DAN KUALITAS HIDUP = TRANSPERSONAL SUPPORTIVE COACHING OF PLHIV REVEALS EXPERIENCE AND EFFECTIVENESS IN INCREASING SEROTONIN LEVELS AND QUALITY OF LIFE. Post-Doctoral thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
C013201005_disertasi_08-11-2023 CAVER1.jpg

Download (303kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
C013201005_disertasi_08-11-2023 BAB 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
C013201005_disertasi_08-11-2023 DP.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
C013201005_disertasi_08-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (8MB)

Abstract (Abstrak)

MUH. YUSUF TAHIR. Coaching Suportif Transpersonal Pada ODHIV Mengungkap Pengalaman Dan Efektifitasnya Dalam Meningkatkan Kadar Serotonin Dan Kualitas Hidup (dibimbing oleh : Firdaus Hamid, Risna Halim Mubin, Kusrini S Kadar) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektifitas Coaching Suportif Transpersonal Terhadap Kadar Serotonin Dan Kualitas Hidup ODHIV. Perawatan suportif merupakan suatu pendekatan perawatan multidimensi pada ODHIV mengalami banyak masalah meliputi tekanan fisik, psikologis, dan spiritual, serta kebutuhan sosial dan informasional. Metode : Penelitian ini menggunakan Mixed Method Research Exploratory dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Jumlah sampel sebanyak 54 orang terdiri dari kelompok intervensi dan dua kelompok kontrol, menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Tahapan penelitian ini terdiri dari wawancara mendalam, pengambilan sampel darah, mengukur kualitas hidup dan coaching suportif. Hasil : Penelitian kualitatif pre intervensi, pengalaman ODHIV dan pendamping selama menjalani pengobatan menunjukkan tingkat ketergantungan ODHIV terhadap pendamping cukup tinggi. Penelitian kuantitatif kadar serotonin dan kualitas hidup sebelum dan setelah tindakan coaching suportif transpersonal menunjukkan nilai p-value kadar serotonin (0,001) dan nilai p-value kualitas hidup (0,002): ada perbedaan sebelum dan setelah tindakan coaching suportif transpersonal dilakukan. Penelitian kualitatif post intervensi melalui joint display menunjukkan tiga kategori yaitu terjadi penurunan kualitas hidup dan serotonin meningkat, peningkatan kualitas hidup dan serotonin menurun serta peningkatan kualitas hidup dan serotonin. Coaching Suportif Transpersonal terbukti efektif dalam meningkatkan kadar serotonin dan kualitas hidup pada ODHIV. Hal tersebut dapat menyangga efek negatif dari stres pada kadar serotonin dan meningkatkan emosi positif yang mengarah pada peningkatan kadar serotonin. Coaching suportif intrepersonal meningkatkan kualitas hidup ODHA secara umum. Kualitas hidup yang meningkat berkaitan dengan peningkatan kesehatan dari aktivitas fisik (misalnya peningkatan vitalitas, peningkatan suasana hati, dan kesenangan pribadi) atau model pencegahan penyakit.

Kata kunci : Coaching Suportif Transpersonal, Kualitas Hidup, Serotonin, ODHIV

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kedokteran > Ilmu Kedokteran
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 25 Mar 2024 05:46
Last Modified: 25 Mar 2024 05:46
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30500

Actions (login required)

View Item
View Item