EFEKTIVITAS MANAJEMEN ARSIP BERBASIS ELEKTRONIK DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN PROVINSI SULAWESI SELATAN = EFFECTIVENESS OF ELECTRONIC-BASED RECORD MANAGEMENT IN THE LIBRARY AND ARCHIVES OFFICE OF SOUTH SULAWESI


Ramadhani, Suci Chaerunnisa Nur (2023) EFEKTIVITAS MANAJEMEN ARSIP BERBASIS ELEKTRONIK DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN PROVINSI SULAWESI SELATAN = EFFECTIVENESS OF ELECTRONIC-BASED RECORD MANAGEMENT IN THE LIBRARY AND ARCHIVES OFFICE OF SOUTH SULAWESI. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E011181011_skripsi_01-08-2023 caver1.jpg

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E011181011_skripsi_01-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (809kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E011181011_skripsi_01-08-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E011181011_skripsi_01-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Suci Chaerunnisa Nur Ramadhani (E011181011), Efektivitas Manajemen Arsip Berbasis Elektronik di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan, xiv + 77 Halaman + 7 Gambar + 3 Tabel + 27 Daftar Pustaka + Lampiran, dibimbing oleh Prof. Dr. Badu Ahmad, M.Si dan Dr. Muh. Tang Abdullah, S.Sos. MAP.
Secara Umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Efektivitas Manajemen Arsip Berbasis Elektronik di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan.
Penelitian ini menggunakan pendeketan kualitatif yang bersifat deskriptif dimana jenis data terdiri dari data primer yang diperoleh melalui wawancara dan observasi secara langsung di lapangan, sedangkan data sekunder diperoleh melalui media perantara berupa studi literatur, arsip/laporan ataupun data dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan dengan menggunakan teori manajemen arsip elektronik yang meliputi Penciptaan dan penyimpanan, distribusi dan penggunaan, pemeliharan, dan disposisi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Efektivitas Manajemen Arsip Berbasis Elektronik di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan sudah berjalan dengan efektif pada setiap tahapan dalam mengelola arsip elektronik dimulai dari tahap penciptaan dan penyimpanan, distribusi dan penggunaan, pemeliharaan dan disposisi dimana sudah sesuai dengan SOP (Standar Operasional Prosedur). Yang mempengaruhi keefektifannya yaitu sumber daya manusia (SDM), sarana dan prasarana dimana sumber daya manusia di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan sudah biasa mengikuti kegiatan bimbingan teknis dalam mengembangkan kompetensi SDM. Sedangkan menyangkut sarana dan prasarananya, secara keseluruhan sudah berjalan efektif juga menyangkut fasilitas kearsipan secara kualitas dan kuantitas sudah memadai sehingga kegiatan manajemen arsip berbasis elektronik sudah sesuai yang diharapkan.

Keywords : Efektivitas, Manajemen Arsip Elektronik, Smart Office

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Effectiveness, Electronic Records Management, Smart Office
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 25 Mar 2024 02:57
Last Modified: 25 Mar 2024 02:57
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30499

Actions (login required)

View Item
View Item