PEMERINTAH DAERAH DAN PENANGANAN PERNIKAHAN USIA DINI DI KABUPATEN SOPPENG = LOCAL GOVERNMENT AND THE HANDLING OF EARLY MARRIAGE IN SOPPENG DISTRICT


Ayu, Nur Ellysa (2023) PEMERINTAH DAERAH DAN PENANGANAN PERNIKAHAN USIA DINI DI KABUPATEN SOPPENG = LOCAL GOVERNMENT AND THE HANDLING OF EARLY MARRIAGE IN SOPPENG DISTRICT. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E051191079_skripsi_13-11-2023 CAVER1.jpg

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E051191079_skripsi_13-11-2023BAB 1-2.pdf

Download (830kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E051191079_skripsi_13-11-2023 DP.pdf

Download (9MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E051191079_skripsi_13-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (11MB)

Abstract (Abstrak)

NUR ELLYSA AYU, Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin, Menyusun Skripsi dengan Judul: Pemerintah Daerah Dan Penanganan Pernikahan Usia Dini Di Kabupaten Soppeng (Dibimbing Oleh Dr. Suhardiman Syamsu, M.Si dan Ashar Prawitno, S. IP, M.Si).
Penelitian ini membahas dan menganalisis bagaimana peranan pemerintah daerah yakni Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) beserta faktor-faktor yang mempengaruhi maraknya peristiwa pernikahan usia dini di Kabupaten Soppeng. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peran pemerintah daerah dalam menangani pernikahan usia dini yakni Pelaksanaan Sosialisasi, Pelaksanaan Pembinaan dan Pemberian Sanksi serta untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingginya angka peristiwa pernikahan usia dini di Kabupaten Soppeng.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, yakni mendeskripsikan data yang sesuai dengan fakta dan masalah yang diteliti. Penelitian ini kemudian memberikan gambaran secara jelas tentang peranan pemerintah daerah dalam Penanganan Pernikahan Usia Dini di Kabupaten Soppeng dan faktor-faktor yang mempengaruhi peristiwa pernikahan usia dini. Pengumpulan data untuk penelitian ini menggunakan teknik wawancara, studi kepustakaan, dan studi dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peran Pemerintah Daerah Dalam Menangani Pernikahan Usia Dini di Kabupaten Soppeng pada tahap Pelaksanaan Sosialisasi dan Pembinaan masih belum optimal serta pada tahap pemberian sanksi sejauh ini belum ada sama sekali sanksi yang diterapkan. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi tingginya pernikahan usia dini di Kabupaten Soppeng yakni: Ekonomi, Pendidikan Terbatas, Budaya, dan Pergaulan Bebas.

Keywords : Pemerintah Daerah, Penanganan, Pernikahan Usia Dini

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Local Government, Treatment, Early Marriage
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 25 Mar 2024 02:13
Last Modified: 25 Mar 2024 02:13
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30468

Actions (login required)

View Item
View Item