Komodifikasi Budaya Korea Selatan di Instagram Restoran Sogogi Makassar = Commodification of South Korean Culture on Sogogi Makassar Restaurant Instagram


Rahardja, Yohanes Andica Indrawan (2023) Komodifikasi Budaya Korea Selatan di Instagram Restoran Sogogi Makassar = Commodification of South Korean Culture on Sogogi Makassar Restaurant Instagram. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E022192005_tesis_13-11-2023 CAVER1.jpg

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E022192005_tesis_13-11-2023 BAB 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E022192005_tesis_13-11-2023 DP.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E022192005_tesis_13-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

YOHANES ANDICA INDRAWAN RAHARDJA. E022192005. Komodifikasi Budaya Korea Selatan di Instagram Restoran Sogogi Makassar (dibimbing oleh Muh. Akbar dan Arianto Ismail S) Komodifikasi adalah proses terjadinya modifikasi barang atau jasa yang sebelumnya mengikuti aturan sosial non-pasar menjadi suatu subyek yang mengikuti aturan pasar. Komodifikasi budaya bertujuan untuk menarik minat konsumen dan mendapatkan profit dari metode promosi serta pemasaran produknya. Penelitian ini dilakukan di akun Instagram @sogogi.sulawesi milik restoran Sogogi Makassar tahun 2021. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis komodifikasi dan proses komodifikasi budaya Korea Selatan di Instagram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk menjelaskan atau mendeskripsikan komodifikasi budaya Korea Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah etnografi virtual yang berguna untuk mendapatkan data berupa gambar postingan dalam akun Instagram. Penelitian ini memfokuskan pada tiga aspek, yaitu komodifikasi isi, komodifikasi khalayak dan komodifikasi cybernetic. Sumber data priner diperoleh peneliti melalui pengamatan terhadap postingan-postingan Instagram restoran Sogogi dan menggunakan teknik purposive sampling. Adapun data sekunder diperoleh peneliti melalui sejumlah kajian ilmiah, buku, serta referensi yang relevan dalam komunikasi digital dan komodifikasi budaya. Data dianalisis dengan melakukan klasifikasi dalam bentuk analisis teks visual dan teks tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Komodifikasi budaya Korea Selatan di Instagram restoran Sogogi Makassar terjadi karena adanya perkembangan budaya populer (pop culture), yang memuat bentukan substansi dari Korea Selatan. Berbagai nilai yang awalnya bersifat sosio kultural, dimodifikasi menjadi sesuatu yang bernilai jual dalam bentuk kuliner pada pasaran global. Proses komodifikasi budaya Korea Selatan di Instagram restoran Sogogi melibatkan khalayak sebagai pemberi indikator kepada media dalam membentuk konten postingan melalui poin tahapan: komodifikasi isi, komodifikasi khalayak dan komodifikasi tenaga kerja/admin.

Kata kunci : Komodifikasi budaya, pemasaran digital, Instagram, restoran Sogogi, akulturasi budaya

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Cultural commodification, digital marketing, Instagram, Sogogi restaurant, cultural acculturation
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 25 Mar 2024 01:46
Last Modified: 25 Mar 2024 01:46
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30459

Actions (login required)

View Item
View Item