ANALISIS STRATEGI PROMOSI GOPLAY MELALUI INSTAGRAM @GOPLAYINDONESIA DALAM MENDORONG PERTUMBUHAN INDUSTRI KREATIF DI INDONESIA = ANALYSIS OF GOPLAY PROMOTION STRATEGY THROUGH INSTAGRAM @GOPLAYINDONESIA IN ENCOURAGING CREATIVE INDUSTRIES IN INDONESIA


Demmasapo, Priskila Primaningrum (2023) ANALISIS STRATEGI PROMOSI GOPLAY MELALUI INSTAGRAM @GOPLAYINDONESIA DALAM MENDORONG PERTUMBUHAN INDUSTRI KREATIF DI INDONESIA = ANALYSIS OF GOPLAY PROMOTION STRATEGY THROUGH INSTAGRAM @GOPLAYINDONESIA IN ENCOURAGING CREATIVE INDUSTRIES IN INDONESIA. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E022211008_tesis_13-11-2023 CAVER1.jpg

Download (309kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E022211008_tesis_13-11-2023 BAB 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E022211008_tesis_13-11-2023 DP.pdf

Download (797kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E022211008_tesis_13-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 November 2026.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

PRISKILA PRIMANINGRUM DEMMASAPO, Analisis Strategi Promosi GoPlay Indonesia Melalui Instagram @goplayindonesia dalam Mendorong Industri Kreatif di Indonesia. (dibimbing oleh Muh Akbar dan Alem Febri Sonni) Penelitian ini bertujuan (1) menganalisis strategi promosi yang digunakan oleh GoPlay Indonesia melalui instagram @goplayindonesia, dan (2) menganalisis kegiatan promosi yang dilaksanakan GoPlay Indonesia dalam mendorong industri kreatif di Indonesia. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini data primer di diperoleh secara langsung dari informan dengan melakukan wawancara terhadap Edy Sulystio sebagai CEO GoPlay Indonesia, dan Franky Kuncoro sebagai salah satu konten kreator dengan beberapa capaian dalam event yang dilaksanakan GoPlay. Data dalam penelitian ini juga diperoleh dari live streaming yang telah di lakukan oleh GoPlay yang bersumber dari Sandy Colondam as Head of Content GoPlay dan juga Martinus Faisal as Chief Strategic Officer GoPlay. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi aplikasi GoPlay dan instagram GoPlay serta dokumentasi kegiatan. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Strategi promosi GoPlay Indonesia sesuai dengan yang dirumuskan oleh Philip Kotler dan Keller bahwa pada promosi jasa lebih menekankan tentang membangun kedekatan dan kepercayaan antar pihak yang terlibat. Melalui instagram Goplay secara konsisten menyampaikan berbagai informasi tentang konten kreator yang live streaming dan menginfokan event yang dilaksanakan oleh Goplay untuk viewer. 2) Kegiatan promosi yang dilakukan GoPlay yaitu membuat event besar yang melibatkan beberapa pihak dan bisa dinikmati oleh masyarakat luas bahkan yang bukan viewer GoPlay sekalipun. Event ini menunjukkan bahwa GoPlay mendukung konten kreator untuk terus berkarya sehingga tetap terjadi iklim industri kreatif dalam live streaming GoPlay. Goplay mendorong industri kreatif di Indonesia dan mengajak munculnya konten kreator berkualitas dan dapat menemukan komunitasnya.

Kata Kunci : Strategi Promosi, Live Streaming, Instagram, Konten Kreator, Industri Kreatif.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: promotion strategy, live streaming, instagram, content creator, creative industry
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 25 Mar 2024 01:28
Last Modified: 25 Mar 2024 01:28
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30451

Actions (login required)

View Item
View Item