REZIM POLITIK PEMERINTAH DESA (STUDI KASUS DESA ASSORAJANG KECAMATAN TANASITOLO KABUPATEN WAJO) = The political regime of the village government (case study of Assorajang village, Tanasitolo subdistrict, Wajo district)


Rajeman, Andi Ariyanto (2023) REZIM POLITIK PEMERINTAH DESA (STUDI KASUS DESA ASSORAJANG KECAMATAN TANASITOLO KABUPATEN WAJO) = The political regime of the village government (case study of Assorajang village, Tanasitolo subdistrict, Wajo district). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E041181328_skripsi_13-11-2023 CAVER1.jpg

Download (274kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E041181328_skripsi_13-11-2023 BAB 1-2.pdf

Download (395kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E041181328_skripsi_13-11-2023 DP.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E041181328_skripsi_13-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 November 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK

Andi Ariyanto Rajeman E041181328. Rezim Politik Pemerintah Desa (Studi Kasus Desa Assorajang Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo). Di bawah bimbingan Prof. Dr. Phil. Sukri, S.IP., M.Si. dan Haryanto S.IP., M.A.

Rezim Politik Pemerintah Desa sebagai kompleksitas dari institusi, aktor, sumber daya, dan strategi politik yang digunakan mereka para pelaku politik lokal, perumusan kebijakan, dan pemerintahan daerah. Dari pemahaman definisi tentang rezim politik lokal tersebut berhubungan dengan bagaimana tata kelola sumber daya publik dalam suatu tatanan politik, melibatkan berbagai aktor dan institusi. Pentingnya melihat institusi/ kelompok informal yang relatif stabil dengan akses terhadap sumber daya kelembagaan sehingga memungkinkannya memiliki peran berkelanjutan dalam memengaruhi pengelolaan urusan-urusan publik atau keputusan pemerintah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan karakteristik rezim politik lokal dan bentuk hubungan dalam rezim politik pemerintah desa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif tipe deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mewawancarai beberapa informan yang di anggap dapat memberikan informasi yang tepat dengan menggunakan dua macam data yaitu data primer dan data sekunder.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rezim politik pemerintah desa dengan dimensi rezim yang tergambarkan berdasarkan empat dimensi pemetaan aktor dan institusi, melihat relasi antar institusi, serta memahami ruang dan waktu terciptanya rezim. Hubungan dalam rezim yang ada antar pemerintah desa, masyarakat, dan pemerintah daerah sebagai segitiga akomodasi. Bentuk hubungan yang ada dalam rezim politik pemerintah desa secara vertikal antara pemerintah daerah dan masyarakat serta hubungan secara horizontal antara pemerintahan desa.

Keywords : Rezim Politik, Pemerintah Desa, Aktor, Institusi, Hubungan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Political Regime, Village Government, Actors, Institutions, Relations.
Subjects: J Political Science > JC Political theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 25 Mar 2024 01:18
Last Modified: 25 Mar 2024 01:18
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30446

Actions (login required)

View Item
View Item