IMAGERY IN MARY OLIVER'S SELECTED POEMS = IMGERY IN MARY OLIVER'S SELECTED POEMS


Wurarah, Jeremy Azarya (2023) IMAGERY IN MARY OLIVER'S SELECTED POEMS = IMGERY IN MARY OLIVER'S SELECTED POEMS. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F21116525_skripsi_06-11-2023 CAVER1.jpg

Download (264kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F21116525_skripsi_06-11-2023 BAB 1-2.pdf

Download (919kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F21116525_skripsi_06-11-2023 DP.pdf

Download (506kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F21116525_skripsi_06-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 November 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi tipe-tipe citra dalam puisi-puisi pilihan karya Mary Oliver dan untuk menjelaskan kontribusi tipe-tipe citra dalam makna dari puisi-puisi tersebut.

Dalam melakukan penelitian ini, penulis menggunakan Teori Citra oleh Perrine dan Arp. Data dikumpulkan dari puisi-puisi pilihan karya Mary Oliver yang berjudul Morning Poem, Little Owl Who Lives in the Orchard, dan The Summer Day. Dalam melakukan analisis data yang telah dikumpulkan, penulis menggunakan metode deskripsi analisis.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada enam dari tujuh jenis citra yang ditemukan dalam puisi-puisi pilihan karya Mary Oliver yaitu visual, suara, sentuhan, rasa, perasaan, dan gerakan. Jenis citra yang tidak ditemukan dalam puisi-puisi pilihan karya Mary Oliver adalah penciuman, sedangkan citra yang paling banyak digunakan adalah visual. Setiap jenis citra yang ditemukan dalam puisi-puisi pilihan karya Mary Oliver memiliki kontribusi dalam makna tiap puisi. Citra visual, suara, sentuhan, rasa, perasaan, dan gerakan tergambarkan melalui puisi-puisi tersebut dan menekankan pesan dari tiap-tiap puisi. Dalam puisi Morning Poem, terdapat baris under the orange yang mengilustrasikan gambaran sinar matahari di pagi hari yang menekankan makna dari puisi tersebut yaitu hari yang baru ada setiap hari seperti matahari yang selalu terbit setiap pagi. Dalam puisi Little Owl Who Lives in the Orchard, terdapat baris the ladder of scream yang membangkitkan indra pendengaran pembaca dan menekankan makna puisi ini yaitu sebagai pengingat kematian. Dalam puisi The Summer Day, terdapat ungkapan how to be idle and blessed yang mengajak pembaca untuk merasakan perasaan bersyukur dan ungkapan ini memperkuat makna puisi yaitu bijak dan bersyukurlah dengan keadaan sekitar dan hidup yang diberikan.

Keywords : Perumpamaan, Mary Oliver, Puisi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Imagery, Mary Oliver, Poem
Subjects: P Language and Literature > PR English literature
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Inggris
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 22 Mar 2024 01:40
Last Modified: 22 Mar 2024 01:40
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30430

Actions (login required)

View Item
View Item