Identifikasi Karakteristik Eco Enzyme dari Bahan Organik Kulit Buah dengan Variasi Gula Aren dan Gula Kelapa = Identification Of Eco Enzyme Characteristics From Organic Fruit Skins With Variations Of Palm Sugar And Coconut Sugar


Delita, Eva Wansi (2023) Identifikasi Karakteristik Eco Enzyme dari Bahan Organik Kulit Buah dengan Variasi Gula Aren dan Gula Kelapa = Identification Of Eco Enzyme Characteristics From Organic Fruit Skins With Variations Of Palm Sugar And Coconut Sugar. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D131181012_skripsi_15-05-2023 cover1.png

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D131181012_skripsi_15-05-2023 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D131181012_skripsi_15-05-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D131181012_skripsi_15-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 November 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Eco enzyme merupakan salah satu bentuk upaya pengelolaan sampah organik yang kreatif dan ramah lingkungan. Eco enzyme merupakan larutan hasil fermentasi sisa sampah organik berupa kulit buah maupun sayuran, dengan substrat gula, danair yang memiliki segudang manfaat.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membandingkan karakteristik eco enzyme berbahan organik kulit buah dengan variasi gula aren dan gula kelapa berdasarkan parameter yang ditentukan kemudian menganalisis kembali kaitan antara hasil uji karakteristik terhadap manfaat dari eco enzyme. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimental dan metode kualitatif berupa riset pengembangan teori.Penelitian ini terdiri dari 2 (dua) jenis sampel yaitu gula aren dan gula kelapadengan 3 (tiga) kali pengulangan tiap jenis sampelnya dan difermentasi selama 3 bulan. Karakteristik eco enzyme yang diuji yaitu terdiri parameter pH, ujiorganoleptik (bau dan warna), kalsium, fosfor, klorin, asam asetat, aktivitas enzimamilase, protease dan lipase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa eco enzyme berbahan organik kulit buah dengan variasi gula kelapa menghasilkan kandungan asam asetat, fosfor,kalsium, aktivitas enzim lipase dan aktivitas enzim protease serta volume akhir larutan yang lebih tinggi kadarnya, sedangkan eco enzyme berbahan organik kulit buah dengan variasi gula aren menghasilkan aktivitas enzim amilase, pH dan klor yang lebih tinggi. Berdasarkan hasil karakteristik eco enzyme yang diperoleh larutan eco enzyme dari gula kelapa pemanfaatannya direkomendasikan dalam bidang pertanian sebagai pupuk organik sedangkan eco enzyme dari gula kelapa direkomendasikan sebagai cairan pembersih (desinfektan) dan deterjen alami.

Kata Kunci: Eco enzyme, Gula Aren, Gula Kelapa, Kulit Buah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Eco enzyme, Coconut Sugar, Palm Sugar, Fruit Peel
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Lingkungan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 22 Mar 2024 01:25
Last Modified: 22 Mar 2024 01:25
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30412

Actions (login required)

View Item
View Item