Aplikasi Deteksi Similaritas Javascript Code Berbasis MERN Menggunakan Algoritma Rabin Karp = A MERN-Based Javascript Code Similarity Detection Application Using the Rabin-Karp Algorithm


Faisi S, Muhammad Nur (2023) Aplikasi Deteksi Similaritas Javascript Code Berbasis MERN Menggunakan Algoritma Rabin Karp = A MERN-Based Javascript Code Similarity Detection Application Using the Rabin-Karp Algorithm. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D121181503_skripsi_09-05-2023 cover1.jpg

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
D121181503_skripsi_09-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D121181503_skripsi_09-05-2023 dp.pdf

Download (668kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D121181503_skripsi_09-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 November 2025.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Tugas pemrograman merupakan standarisasi yang dibuat untuk mengukur keberhasilan dan tingkat pemahaman mahasiswa dari sebuah kompetensi dalam proses belajar. Hasil dari tugas yang dikerjakan dapat menjadi penilaian terhadap pemahaman mahasiswa akan suatu materi. Saat ini pengumpulan tugas mahasiswa dapat dilakukan secara online melalui LMS kampus. Namun, hal ini menjadi peluang bagi mahasiswa untuk melakukan tindak kecurangan yaitu menontek karena pengumpulan tugas yang dilakukan secara online. Saat ini belum ada pengecekan similaritas kode pada tugas sehingga banyak tugas yang memiliki kemiripan tetapi tidak terdeteksi oleh LMS kampus. Jika dilakukan secara manual juga akan sangat memakan waktu bagi dosen untuk memeriksa satu per satu tugas mahasiswa. Belum lagi jika terdapat banyak mahasiswa dalam satu kelas. Dengan adanya sistem pendeteksi similaritas, hal tersebut dapat dicegah karena sistem dapat mendeteksi similaritas kode antar mahasiswa baik itu dalam satu kelas maupun di kelas yang beda terhadap tugas pemrograman yang dikerjakan oleh mahasiswa. Dengan menerapkan algoritma Rabin-Karp, maka dapat dibuat sistem yang dapat mendeteksi similaritas kode pada tugas – tugas yang diberikan . Sistem ini juga dilengkapi dengan text editor sehingga mahasiswa tidak perlu mengerjakan tugasnya di aplikasi third-party untuk mengeksekusi kode dan juga terdapat unit testing yang dapat diterapkan oleh dosen supaya kode yang dikumpulkan bisa dicek terlebih dahulu sebelum mahasiswa dapat mengumpulkannya. Adapun data yang digunakan adalah tugas mahasiswa yang telah menyelesaikan tugasnya pada sistem dan disimpan di dalam database. Proses pengecekan tugas mahasiswa menggunakan Esprima yang berfungsi untuk melakukan tokenizing. Hasil dari proses tokenizing kemudian akan dicek kesamaannya menggunakan algoritma Rabin Karp. Sistem berhasil melakukan perhitungan similaritas kode terhadap tugas mahasiswa dan menghasilkan persentase kesamaan tugas untuk tiap – tiap tugas yang telah dikumpulkan.

Keywords : tugas pemrograman, similaritas kode, esprima, Rabin-Karp

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: programming assignments, code similarity, esprima, Rabin-Karp
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 21 Mar 2024 05:27
Last Modified: 21 Mar 2024 05:27
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30387

Actions (login required)

View Item
View Item