Alfiah, Andi Umaymah Anisa (2022) ANALISIS KESALAHAN GRAMATIKAL DALAM TUGAS EXPRESSION ÉCRITE 3 MAHASISWA SEMESTER III ANGKATAN 2019 = ANALYSIS OF GRAMMATICAL ERRORS IN TASKS EXPRESSION ÉCRITE 3 STUDENTS SEMESTER III GENERATION 2019. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
F051181328_skripsi_28-10-2022 cover1.png
Download (88kB) | Preview
F051181328_skripsi_28-10-2022 1-2.pdf
Download (1MB)
F051181328_skripsi_28-10-2022 dp.pdf
Download (484kB)
F051181328_skripsi_28-10-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2025.
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan bertujuan mendeskripsikan 1) jenis kesalahan gramatikal, 2) faktor penyebab kesalahan. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Departemen Sastra Prancis semester 3 angkatan 2019 pada mata kuliah Expression Orale et Écrite 3 bagian Expression Écrite. Adapun objek penelitian ini adalah kesalahan gramatikal yang terdapat dalam tugas Expression Écrite. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yakni menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif- kuantitatif untuk mengidenfikasi dan mengklasifikasikan kesalahan, serta menghitung besarnya persentase jenis-jenis kesalahan. Instrumen yang digunakan adalah dokumen (pdf) hasil ujian mahasiswa dan google form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat jenis kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa dalam mata kuliah Expression Orale et Écrite 3 bagian Expression Écrite. Kesalahan terbanyak adalah kesalahan misformation sebesar 55,16%, diikuti omission sebesar 26,59%, misordering sebesar 9,92%, dan addition sebesar 8,33%. Faktor yang menyebabkan mahasiwa melakukan kesalahan adalah faktor intralingual dan interlingual. Faktor intralingual berupa kesalahan konjugasi verba, penggunaan artikel feminin/maskulin, nomina feminin/maskulin, sedangkan faktor interlingual berupa penggunaan struktur kalimat bahasa ibu, penghilangan artikel, penggunaan artikel singulier/pluriel, nomina singulier/pluriel. Adapun faktor lain dikarenakan proses perkuliahan dilakukan secaran daring, yaitu : kurang konsentrasi, pembelajaran kurang interaktif, jaringan internet kurang memadai, pembelajaran cenderung lebih banyak tugas, kesulitan mengetik bahasa Prancis, dan tingkat pemahaman yang masih kurang saat proses perkuliahan daring.
Kata Kunci : analisis kesalahan, kesalahan gramatikal, bahasa prancis
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Error analysis, grammatical error, french |
Subjects: | P Language and Literature > PB Modern European Languages |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Prancis |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 19 Mar 2024 01:24 |
Last Modified: | 19 Mar 2024 01:24 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30288 |