Peranan Media Sosial Dalam Memperkaya Kosakata Bahasa Inggris Siswa Sekolah Menengah Pertama: Studi Kasus Pada Siswa Kelas 8 SMP Negeri 1 Bangkala = The Role of Social Media in Enriching English Vocabulary of Junior High School Students: A Case Study at SMP Negeri 1 Bangkala


Islam, Iqra Birazul Fathur (2022) Peranan Media Sosial Dalam Memperkaya Kosakata Bahasa Inggris Siswa Sekolah Menengah Pertama: Studi Kasus Pada Siswa Kelas 8 SMP Negeri 1 Bangkala = The Role of Social Media in Enriching English Vocabulary of Junior High School Students: A Case Study at SMP Negeri 1 Bangkala. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F041181337_skripsi_28-10-2022 cover1.png

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F041181337_skripsi_28-10-2022 1-2.pdf

Download (630kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F041181337_skripsi_28-10-2022 dp.pdf

Download (850kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F041181337_skripsi_28-10-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap peranan sosial media dalam memperkaya pengetahuan kosakata siswa di SMP Negeri 1 Bangkala. Selain menemukan peranan media sosial dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa, penulis juga mencoba mengetahui intensitas penggunaan media sosial siswa, serta media sosiall mana yang paling dominan dalam mempengaruhi penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah 151 siswa kelas 8 dari SMP Negeri 1 Bangkala, namun penulis hanya mengambil 13 siswa secara acak sebagai sampel dari kelas 8 E yang merupakan kelas unggulan. Penulis menggunakan metode Studi Kasus Kualitatif untuk menyelesaikan penelitian ini, dengan pengumpulan data yang dilakukan menggunakan angket, tes kosakata, dan wawancara. Penulis menyimpulakan bahwa siswa aktif dalam menggunakan sosial media untuk beberapa tujuan seperti hiburan, komunikasi, serta pembelajaran, dimana kebanyakan siswa belajar kosakata melalui berbagai akun pembelajaran serta vidio pembelajaran di berbagai platform sosial media, terutama Instagram, YouTube dan TikTok. Meski demikian, siswa juga menemukan kendala dalam belajar kosakata seperti stabilitas jaringan, paket Internet yang terkuras, serta penjelasan yang kadang sulit di mengerti.

Keywords : Kosakata, Media Sosial, Pembelajaran Bahasa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Vocabulary, Social Media, Language Learning.
Subjects: P Language and Literature > PR English literature
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Inggris
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 19 Mar 2024 00:40
Last Modified: 19 Mar 2024 00:40
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30278

Actions (login required)

View Item
View Item