PERWATAKAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL SUNSET BERSAMA ROSIE KARYA TERE LIYE:ANALISIS PSIKOLOGI KEPRIBADIAN JUNG = THE CHARACTERIZATION OF THE MAIN CHARACTERS IN THE NOVEL SUNSET BERSAMA ROSIE BY TERE LIYE: JUNG'S PERSONALITY PSYCHOLOGICAL ANALYSIS


Nurwardhani, Nurwardhani (2022) PERWATAKAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL SUNSET BERSAMA ROSIE KARYA TERE LIYE:ANALISIS PSIKOLOGI KEPRIBADIAN JUNG = THE CHARACTERIZATION OF THE MAIN CHARACTERS IN THE NOVEL SUNSET BERSAMA ROSIE BY TERE LIYE: JUNG'S PERSONALITY PSYCHOLOGICAL ANALYSIS. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F032211011_tesis_30-12-2022 cover1.png

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F032211011_tesis_30-12-2022 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F032211011_tesis_30-12-2022 dp.pdf

Download (286kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F032211011_tesis_30-12-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 November 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan mengungkap perwatakan tokoh utama dan faktor yang memengaruhi terbentuknya watak tokoh dalam novel Sunset Bersama Rosie (SBR) karya Tere Liye berdasarkan analisis psikologi kepribadian Jung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka dengan menggunakan teknik baca dan catat. Sumber data dalam penelitian ini ada dua, yaitu data primer, adalah data dari novel SBR karya Tere Liye dan data sekunder, yakni data yang sudah diolah terlebih dahulu dan baru didapatkan oleh peneliti dari sumber lain sebagai tambahan informasi yang menunjang proses penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik eksplorasi dengan (1) menentukan fokus kajian dalam novel SBR karya Tere Liye, (2) membaca secara cermat dan berulang-ulang novel SBR karya Tere Liye, (3) mencatat dan mengidentifikasi data berdasarkan masalah yang dirumuskan sebagai fokus kajian, (4) mengklasifikasikan data, dan (5) menafsir dan menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan struktur kepribadian tokoh utama dalam novel SBR karya Tere Liye melalui pendekatan psikologi kepribadian Jung. Struktur kepribadian tokoh utama yang ditemukan pada tokoh utama Tegar meliputi ego-kesadaran, tak sadar pribadi, dan tak sadar kolektif. Adapun yang ditemukan pada tokoh Rosie hanya ada 2 struktur kepribadian, yaitu ego-kesadaran dan tak sadar pribadi. Selain itu, faktor yang memengaruhi terbentuknya watak tokoh utama Tegar dan Rosie dalam novel SBR adalah faktor luar (lingkungan) yang berkaitan dengan masalah yang dihadapi dan teman berinteraksi.

Keywords : Novel SBR, psikologi kepribadian, perwatakan, tokoh utama

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: novel SBR, personality psychology, characterization, the main characters
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Indonesia
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Mar 2024 06:48
Last Modified: 18 Mar 2024 06:48
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30261

Actions (login required)

View Item
View Item