Pengaruh Penerapan Model Inkuiri dalam Pembelajaran Menulis Cerita Pendek pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 10 Bantimurung = The Effect of Inquiry Model Application In Short Stories Writing Learning of Students of Class IX, State Junior High School SMP Negeri 10 Bantimurung


Irawati, Irawati (2023) Pengaruh Penerapan Model Inkuiri dalam Pembelajaran Menulis Cerita Pendek pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 10 Bantimurung = The Effect of Inquiry Model Application In Short Stories Writing Learning of Students of Class IX, State Junior High School SMP Negeri 10 Bantimurung. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F032211008_tesis_06-02-2023 cover1.png

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F032211008_tesis_06-02-2023 1-2.pdf

Download (866kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F032211008_tesis_06-02-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F032211008_tesis_06-02-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 November 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Penerapan berbagai model pembelajaran dalam kegiatan menulis cerita pendek bagi siswa SMP Negeri 10 Bantimurung belum memperlihatkan hasil yang memadai. Olehnya itu, secara eksprimen, model pembelajaran inkuiri digunakan sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita pendek siswa tersebut. Metode pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes yang selanjutnya dianalisis dengan teknik parametris tes yang meliputi uji asumsi klasik, uji regresi sederhana, uji hipotesis. Adapun aspek yang dinilai untuk mengukur keterampilan menulis cerita pendek siswa yaitu kesesuain judul dengan isi, tema, alur, latar, tokoh dan penokohan, sudut pandang, gaya bahasa dan amanat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami perubahan yang signifikan setelah dilakukan eksperimen. Uji statistik menunjukkan besarnya nilai Fhitung = 16,875 dan nilai Ftabel pada taraf signifikansi 5% = 3,52 dan 1% = 5,93. Hal ini berarti Fhitung ≥ F tabel baik pada taraf signifikansi 5% dan 1%, Ha diterima yang artinya model pembelajaran inkuri berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar menulis cerita pendek. Temuan penelitian ini berimplikasi pada perbaikan mutu pembelajaran bahasa dan sastra di sekolah, khususnya pembelajaran menulis cerita pendek di SMP.

Keywords : model pembelajaran, inkuiri, menulis cerita pendek, hasil belajar

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: learning models, inquiry, writing short stories, learning outcomes
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Indonesia
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Mar 2024 06:48
Last Modified: 18 Mar 2024 06:48
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30260

Actions (login required)

View Item
View Item