INTERFERENSI FONOLOGIS BAHASA INDONESIA TERHADAP PELAFALAN VOKAL O BAHASA KOREA DI KALANGAN MAHASISWA SASTRA INGGRIS FAKULTAS ILMU BUDAYA UNIVERSITAS HASANUDDIN = PHONOLOGICAL INTERFERENCE OF INDONESIAN TO VOWEL O KOREAN LANGUAGE AMONG ENGLISH DEPARTEMENT STUDENTS OF THE FACULITY OF CULTURAL SCIENCES HASANUDDIN UNIVERSITY


Sjam, Muhammad Syachrun (2023) INTERFERENSI FONOLOGIS BAHASA INDONESIA TERHADAP PELAFALAN VOKAL O BAHASA KOREA DI KALANGAN MAHASISWA SASTRA INGGRIS FAKULTAS ILMU BUDAYA UNIVERSITAS HASANUDDIN = PHONOLOGICAL INTERFERENCE OF INDONESIAN TO VOWEL O KOREAN LANGUAGE AMONG ENGLISH DEPARTEMENT STUDENTS OF THE FACULITY OF CULTURAL SCIENCES HASANUDDIN UNIVERSITY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F032191006_tesis_06-02-2023 cover1.png

Download (251kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F032191006_tesis_06-02-2023 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F032191006_tesis_06-02-2023 dp.pdf

Download (326kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F032191006_tesis_06-02-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 November 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

MUHAMMAD SYACHRUN SJAM Interferensi Fonologis Bahasa Indonesia terhadap Pelafalan Vokal o Bahasa Korea di Kalangan Mahasiswa Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin ( dibimbing oleh Muhammad Darwis dan Ikhwan M. Said ).
Penelitian ini bertujuan. (1) menguraikan interferensi fonologis bahasa Indonesia terhadap pelafalan vokal o bahasa Korea dan (2) mengungkap faktor-faktor yang melatarbelakangi interferensi fonologis bahasa Indonesia terhadap pelafalan vokal o bahasa Korea.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, Penggunaan metode ini disebabkan data yang digunakan adalah data lisan dari informan yang telah diidentifikasi dan dideskripsikan terkait keadaan interferensi bahasa Indonesia terhadap pelafalan vokal o bahasa Korea. Adapun langkah-langkah dalam analisis data yang digunakan adalah:(1) reduksi data. (2) penyajian data.(3) penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan tiga bentuk interferensi, yaitu (1) bentuk pengurangan fonem, seperti bunyi (tteokeul menjadi ttokeul) perubahan dari konsonan sengau ke bunyi bulat, (eomma menjadi omma) vokal madya menjadi vokal bulat; (ceo menjadi cho) vokal belakang setengah terbuka takbulat berubah menjadi vokal u tertutup.(2) bentuk perubahan fonem, (kireseo menjadi kireso) vokal madya menjadi vokal bulat, vokal o dengan tegas dan bulat.(3) bentuk penambahan fonem, seperti bunyi (seoul menjadi seul), (samseong menjadi samsung). Pada pengucapan kata soeung berganti menjadi sung terjadi interferensi penggantian fonem /e/ menjadi / u/. Pemakaian bahasa Korea untuk vokal 어 (eo), masyarakat yang hanya menggunakan satu bahasa dan juga ada yang menggunakan dua bahasa atau lebih. Penggunaan bahasa Korea masih minim digunakan sehingga mahasiswa kesulitan untuk membiasakan diri melafalkan huruf vokal o (오 & 어). Motivasi mahasiswa dalam mempelajari bahasa Korea akan memegaruhi hasil yang diperoleh. Motivasi mahasiswa dalam penelitian ini berbeda-beda seperti tertarik dengan drama Korea dan pop Korea, suka belajar bahasa baru, menambah kemampuan bahasa selain bahasa Inggris, terobsesi untuk bekerja di Korea, dan karena ingin melanjutkan studi di Korea. Lebih banyak responden menganggap vokal o (오 & 어) tidak terlalu penting, sebab lawan bicara pasti akan memahami maksud orang yang melakukan kesalahan berbahasa tersebut. Akibatnya tidak ada upaya berlatih untuk membenarkan kesalahan fonem tersebut. Responden menganggap masyarakat pemakai bahasa memiliki toleransi kebahasaan.

Kata kunci: interferensi, fonologis, vokal o, bahasa Korea

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: interference, phonoligical, vowel o, Korean language
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Indonesia
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Mar 2024 06:42
Last Modified: 18 Mar 2024 06:42
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30255

Actions (login required)

View Item
View Item