كيفية نطق الأصوات العربية في فيلم PEREMPUAN BERKALUNG SORBAN " المرأة بقلادة العمامة "(دراسة تحليلية فنولوجية) = Analysis of the Pronunciation of Arabic Phonemes in the Film “Women with the Turban” (Phonological Review).


Hasman, Raodah (2022) كيفية نطق الأصوات العربية في فيلم PEREMPUAN BERKALUNG SORBAN " المرأة بقلادة العمامة "(دراسة تحليلية فنولوجية) = Analysis of the Pronunciation of Arabic Phonemes in the Film “Women with the Turban” (Phonological Review). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F031181002_skripsi_25-10-2022 cover1.png

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F031181002_skripsi_25-10-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F031181002_skripsi_25-10-2022 dp.pdf

Download (426kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F031181002_skripsi_25-10-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 November 2025.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Raodah Hasman. 2022. Analisis Pelafalan Fonem Bahasa Arab dalam Film Perempuan Berkalung Sorban (Suatu Tinjauan Fonologi). Skripsi. Juruan Sastra Arab. Departemen Sastra Asia Barat. Fakultas Ilmu Budaya. Universitas Hasanuddin. Pembimbing 1 Haeruddin, S.S., M.Hum. dan Pembimbing 2 Dr. Andi Agussalim, M.Hum.
Skripsi ini membahas tentang kesalahan-kesalahan pelafalan fonem bahasa Arab yang dilakukan oleh aktor dan aktris dalam film Perempuan Berkalung Sorban. Peneliti memilih film ini karena film Perempuan Berkalung Sorban merupakan salah satu film produksi Indonesia yang cukup banyak berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Arab. Penelitian ini dilakukan karena aktor dan aktris banyak melakukan kesalahan dalam melafalkan fonem-fonem bahasa Arab yang dapat berpengaruh terhadap penonton tak terkecuali pembelajar bahasa Arab.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif.
Tujuan penelitian ini dilakukan yaitu untuk menjelaskan kesalahan pelafalan fonem serta menggambarkan proses kesalahan yang dilakukan oleh para pemain di dalam film Perempuan Berkalung Sorban.
Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu, peneliti mereduksi data yang telah diperoleh kemudian mengklasifikasi data berdasarkan batasan dan rumusan masalah, data akan dianalisis dan ditabulasikan kemudian menarik kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, adanya kesalahan pelafalan fonem bahasa Arab yang dilakukan oleh para aktor dan aktris dalam film Perempuan Berkalung Sorban. Kesalahan tersebut terlihat pada ketidakmampuan mereka membedakan penyebutan fonem-fonem berikut:
[ع] dan [ء], [س] dan [ش], [ذ] dan [ز], [ه] dan [ح], [ز] dan [س], [ص] dan [س], [ق] dan [ك], [ط] dan [ت], [ث] dan [س], [ظ] dan [ز].

Keywords : Fonem Bahasa Arab, Pelafalan Bunyi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Arabic Phoneme, Sound Pronunciation
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Asia Barat
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Mar 2024 01:49
Last Modified: 18 Mar 2024 01:49
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30238

Actions (login required)

View Item
View Item