Teacher's Questioning Strategies Applied in Teaching Speaking (A Case Study at SMA Negeri 1 Kotamobagu) Strategi Bertanya Guru yang diterapkan di dalam Pengajaran Berbicara: Studi Kasus di SMA Negeri 1 Kotamobagu = Teacher's Questioning Strategies Applied in Teaching Speaking (A Case Study at SMA Negeri 1 Kotamobagu)


Mokodompit, Gia Puspita (2022) Teacher's Questioning Strategies Applied in Teaching Speaking (A Case Study at SMA Negeri 1 Kotamobagu) Strategi Bertanya Guru yang diterapkan di dalam Pengajaran Berbicara: Studi Kasus di SMA Negeri 1 Kotamobagu = Teacher's Questioning Strategies Applied in Teaching Speaking (A Case Study at SMA Negeri 1 Kotamobagu). Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F022211011_tesis_09-01-2023 cover1.png

Download (122kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F022211011_tesis_09-01-2023 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F022211011_tesis_09-01-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F022211011_tesis_09-01-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 November 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK

GIA PUSPITA MOKODOMPIT. Strategi Bertanya Guru yang diterapkan di dalam Pengajaran Berbicara: Studi Kasus di SMA Negeri 1 Kotamobagu. (dibimbing oleh Nasmilah dan Abidin Pammu).
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui jenis strategi bertanya yang digunakan oleh guru didalam interaksi kelas EFL; (2) menyelidiki strategi penerapan TQS; dan (3) mengetahui persepsi siswa tentang TQS yang digunakan untuk mendorong siswa untuk berbicara bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Para peserta dalam penelitian ini adalah seorang guru dan satu kelas yang terdiri dari 21 siswa IPA kelas (XII) SMA Negeri 1 Kotamobagu. Dalam mengumpulkan data, dua instrumen digunakan meliputi observasi dan wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan analisis tematik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru menggunakan strategi perencanaan pertanyaan dan strategi pengendalian pertanyaan dalam proses pembelajaran. Dalam menerapkan TQS dalam pengajaran berbicara, guru lebih banyak mengajukan pertanyaan kepada siswa secara individu dan seluruh kelas daripada mengajukan pertanyaan kepada siswa secara berpasangan. Selain itu, untuk mengetahui persepsi siswa tentang penerapan TQS dalam berbicara, peneliti menggunakan analisis tematik sebagai metode identifikasi dan analisis data yang menghasilkan persepsi positif. Sebagian besar siswa sangat setuju bahwa TQS dapat membantu mereka di dalam kelas terutama selama proses pengajaran. Dapat disimpulkan bahwa TQS bermanfaat bagi guru dan siswa untuk meningkatkan interaksi kelas yang merupakan salah satu faktor untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris.

Kata kunci: strategi bertanya guru, bahasa yang digunakan guru, konsep berbicara, interaksi kelas.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Teacher's Questioning Strategies, Teacher Talks. Concept of Speaking, Classroom Interaction
Subjects: P Language and Literature > PR English literature
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Inggris
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Mar 2024 00:19
Last Modified: 18 Mar 2024 00:19
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30224

Actions (login required)

View Item
View Item