Materi Bacan Berbasis SQ4R untuk Pembelajaran Secara Hibrid di Great Education Institution: Resolusi Selama dan Pasca COVID-19 = The SQ4R-Based Reading Material for Hybrid Learning in Great Education Institution: During and Post COVID-19 Resolution


Faisal, Faisal (2022) Materi Bacan Berbasis SQ4R untuk Pembelajaran Secara Hibrid di Great Education Institution: Resolusi Selama dan Pasca COVID-19 = The SQ4R-Based Reading Material for Hybrid Learning in Great Education Institution: During and Post COVID-19 Resolution. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F022192003_tesis_02-01-2023 cover1.png

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F022192003_tesis_02-01-2023 1-2.pdf

Download (911kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F022192003_tesis_02-01-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F022192003_tesis_02-01-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 November 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Faisal. Materi bacaan berbasis SQ4R untuk pembelajaran secara hibrid di Great Education Institution: Resolusi selama dan pasca COVID-19 (Dibimbing oleh Abidin Pammu dan Nasmilah).

Studi ini bertujuan untuk mencari materi bacaan Bahasa Inggris yang baik dengan menggunakan teknik bacaan SQ4R dan untuk mengidentifikasI pentingnya penggunaan Teknik bacaan SQ4R yang diadakan selama dan setelah COVID-19 di Great Education Institution dimana proses pembelajarn secara hIbrid akan dilaksanakan. Penelitian dan Pengembangan digunakan dimana model ADDIE menjadi Langkah yang diaplikasikan dalam studi ini. Lebih jauh lagi, 19 responden dijadikan sebagai sampel penelitian dimana questionnaire digunakan untuk membuat materi. Dua jenis questionnaire yang digunakan yaiitu analisis kebutuhan dan kelayakan. Hasil penelitian menunjukan bahwa konten, tata letak dan alat yang digunakan dalam materi bacaan berbasis SQ4R secara keseluruhan dikategorikan sebagai materi sangat layak untuk diaplikasan pada proses pembelajaran secara hibrid dengan mendapatkan rata-rata 3.72 dengan penerimaan 95.05%. Kelayakan terhadap konten digolongkan sangat layak dengan rata-rata 3.77 dan penerimaan 94.4%. Kelayakan terhadap alat diklasifikasikan sebagai kategori sangat layak dengan rata-rata 3.73 dan penerimaan 93.25% dan kelayakan terhadap tata letak dikategorikan sebagai bagian yang layak dengan mendapatkan rata-rata 3.66 dengan 91.5% penerimaan. Lebih jauh lagi, berdasarkan hasil dari kelayakan, Teknik bacaan SQ4R diidentifikasi bahwa Teknik ini mengambil peran penting dalam peroses memahami bacaan yang dilaksanakan secara hibrid.

Keywords : model ADDIE, proses pembelajaran hybrid, teknik SQ4R, COVID-19

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: ADDIE model, Hybrid learning process, SQ4R technique, COVID-19
Subjects: P Language and Literature > PR English literature
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 14 Mar 2024 01:36
Last Modified: 14 Mar 2024 01:36
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30204

Actions (login required)

View Item
View Item