Interferensi Fonologi dan Morfologi Bahasa Bugis dalam Tuturan Pemandu Wisata dan Wisatawan di Pantai Ujung Batu Kelurahan Sumpang Binangae Kabupaten Barru: Kajian Sosiolinguistik = Phonological Interference and Buginese Morphology in the Speeches of Tour Guides and Tourists at Ujung Batu Beach, Sumpang Binangae Village, Barru Regency: A Sociolinguistic Study


Putri, Andi Rika (2022) Interferensi Fonologi dan Morfologi Bahasa Bugis dalam Tuturan Pemandu Wisata dan Wisatawan di Pantai Ujung Batu Kelurahan Sumpang Binangae Kabupaten Barru: Kajian Sosiolinguistik = Phonological Interference and Buginese Morphology in the Speeches of Tour Guides and Tourists at Ujung Batu Beach, Sumpang Binangae Village, Barru Regency: A Sociolinguistic Study. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F021181301_skripsi_02-01-2023 cover1.png

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F021181301_skripsi_02-01-2023 1-2.pdf

Download (852kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F021181301_skripsi_02-01-2023 dp.pdf

Download (680kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F021181301_skripsi_02-01-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 November 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Andi Rika Putri, 2022. Interferensi Fonologi dan Morfologi Bahasa Bugis dalam Tuturan Pemandu Wisata dan Wisatawan di Pantai Ujung Batu Kelurahan Sumpang Binangae Kabupaten Barru: Kajian Sosiolinguistik (Dibimbing oleh M. Dalyan Tahir dan Firman Saleh).

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan bentuk interferensi fonologi dan morfologi bahasa Bugis serta faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya interferensi dalam tuturan pemandu wisata dan wisatawan di Pantai Ujung Batu Kelurahan Sumpang Binangae Kabupaten Barru. Metode penelitian yaitu kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu metode simak, teknik sadap sebagai teknik dasarnya beserta teknik lanjutannya teknik simak libat cakap dan teknik simak bebas libat cakap yang di bantu dengan menggunakan teknik rekam dan teknik catat. Data penelitian ini berupa tuturan lisan pemandu wisata dan wisatawan yang mengalami interferensi bahasa. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Barru pada bulan agustus sampai september tahun 2022.

Hasil penelitian menemukan, terdapat dua bentuk interferensi yaitu: (1) interferensi fonologi; dan (2) interferensi morfologi. Pada tataran fonologi ditemukan indikator fonem /t/ disubtitusi dengan glottal dan fonem /m/ dan /n/ disubtitusi dengan /ŋ/ pada kosakata bahasa Indonesia yang terinterferensi bahasa Bugis. Pada tataran morfologi ditemukan indikator penggunaan afiksasi prefiks yang terdiri atas penggunaan prefiks {mas-}, penggunaan prefiks {mab-} dan penggunaan prefiks {mar-}. Selanjutnya penggunaan afiksasi sufiks yang terdiri atas penggunaan sufiks {-pa’}, penggunaan sufiks {-ni}, Penggunaan sufiks {-na}, penggunaan sufiks {-pi’}, penggunaan sufiks {-pi}, dan penggunaan sufiks {-ma}. Selain itu ditemukan pula bentuk interferensi morfologi pada aspek klitik yang terdiri atas proklitik {na-} dan enklitik {-ki’} dan enklitik {-ta’}. Serta ditemukan pula penggunaan reduplikasi (perulangan) yang terdiri atas reduplikasi utuh, reduplikasi sebagian, dan reduplikasi berimbuhan. Faktor yang menyebabkan terjadinya interferensi bahasa dalam penelitian ini adalah faktor kedwibahasaan peserta tutur, tidak cukupnya kosakata bahasa penerima dan faktor terbawanya kebiasaan berbahasa ibu.

Keywords : Interferensi, Fonologi, Morfologi, Tuturan, Pemandu Wisata, Wisatawan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Interference, Phonological, Morphological, Speech, Tour Guide, Tourists.
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Bugis-Makassar
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 13 Mar 2024 06:22
Last Modified: 13 Mar 2024 06:22
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30187

Actions (login required)

View Item
View Item