TINDAK TUTUR ILOKUSI YANG DITEMUKAN DALAM IKLAN PRODUK KECANTIKAN PADA YOUTUBE: SEBUAH ANALISIS PRAGMATIK = ILLOCUTIONARY ACTS FOUND IN BEAUTY PRODUCTS ADVERTISEMENTS ON YOUTUBE: A PRAGMATIC ANALYSIS


Fransiskus, Bellatrix (2023) TINDAK TUTUR ILOKUSI YANG DITEMUKAN DALAM IKLAN PRODUK KECANTIKAN PADA YOUTUBE: SEBUAH ANALISIS PRAGMATIK = ILLOCUTIONARY ACTS FOUND IN BEAUTY PRODUCTS ADVERTISEMENTS ON YOUTUBE: A PRAGMATIC ANALYSIS. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F041191081_skripsi_28-04-2023 cover1.jpg

Download (265kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
F041191081_skripsi_28-04-2023 bab 1-3.pdf

Download (957kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
F041191081_skripsi_28-04-2023 dp.pdf

Download (271kB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
F041191081_skripsi_28-04-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

ELATRIX FRANSISKUS. 2023. Illocutionary Acts Found in Beauty Products Advertisement on YouTube: A Pragmatic Analysis (supervised by Sukmawaty and Ainun Fatimah). Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui jenis-jenis tindak ilokusi yang terdapat dalam iklan produk kecantikan di YouTube, (2) mendeskripsikan makna tindak ilokusi yang digunakan dalam iklan produk kecantikan di YouTube, dan
(3) mengungkapkan penggunaan ilokusi yang paling dominan dalam iklan produk kecantikan di YouTube Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Peneliti menerapkan teori yang dikemukakan oleh Yule tentang jenis-jenis tindak ilokusi dalam menganalisis data. Penulis memilih empat iklan yang terdiri dari 38 ucapan yang memiliki tindak ilokusi. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik simak dan catat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat jenis tindak ilokusi yang ditemukan dalam iklan produk kecantikan di YouTube. Mereka adalah 37
ucapan asertif, 18 ucapan direktif, 17 ucapan komisif, 4 ucapan ekspresif dan tidak terdapat ucapan deklaratif. Dikarenakan tindak ilokusi asertif adalah yang paling efektif digunakan untuk mempromosikan produk, maka ini menjadi tindak ilokusi yang paling dominan digunakan.

Kata kunci: tindak ilokusi, ujaran, iklan, makna

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: illocutionary acts, utterances, advertisement, meaning
Subjects: P Language and Literature > PR English literature
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 13 Mar 2024 01:16
Last Modified: 13 Mar 2024 01:16
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30153

Actions (login required)

View Item
View Item