MODEL SELF STIGMA BERBASIS APLIKASI BESTIE ODHA TERKAIT HIV PADA SUKU BUGIS MAKASSAR = Self Stigma Model Based on the Bestie ODHA Application Related to HIV in the Bugis Makassar Tribe


Handayani, Sri (2023) MODEL SELF STIGMA BERBASIS APLIKASI BESTIE ODHA TERKAIT HIV PADA SUKU BUGIS MAKASSAR = Self Stigma Model Based on the Bestie ODHA Application Related to HIV in the Bugis Makassar Tribe. Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K013191020_disertasi_13-10-2023 caver1.jpg

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K013191020_disertasi_13-10-2023 bsb 1-2.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K013191020_disertasi_13-10-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K013191020_disertasi_13-10-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 November 2025.

Download (6MB)

Abstract (Abstrak)

SRI HANDAYANI. Model Self Stigma Berbasis Aplikasi Bestie ODHA Terkait HIV pada Suku Bugis Makassar. (Dibimbing oleh Alimin Maidin, Agus Bintara Birawida dan Suriah).
HIV/AIDS masih menjadi salah satu masalah kesehatan global dan menjadi tantangan dalam pencapaian SDGs 2030. Berbagai upaya telah dilakukan namun permasalahan stigma masih menjadi isu penting khususnya self stigma pada ODHA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konstruk model berbasis aplikasi dalam mengurangi self stigma terkait HIV pada Suku Bugis Makassar.
Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan mixed method explanatory sequential design menggunakan empat tahapan penelitian. Tahap I adalah penelitian kuantitatif untuk mengembangkan model dengan menggunakan desain cross sectional study pada 125 ODHA dan dianalisis SEM. Tahap II adalah penelitian kualitatif dengan perspektif fenomenologi yang bertujuan untuk membangun konten dalam penyusunan media aplikasi. Tahap ke III adalah membuat rancangan prototype sistem aplikasi dan tahap ke IV adalah uji coba media aplikasi.

Hasil penelitian tahap I menunjukkan variabel ketakutan infeksi HIV, harga diri dan dukungan sosial memiliki hubungan langsung dan tidak langsung terhadap self stigma. Namun budaya Bugis Makassar tidak memiliki hubungan secara langsung, tetapi memiliki hubungan tidak langsung terhadap self stigma melalui kekhawatiran pengungkapan. Hasil penelitian tahap II yaitu terbangun konten dalam aplikasi Bestie ODHA. Hasil penelitian tahap ke III yaitu dibuat konten berisi psikoedukasi, reminder, testimoni, dan forum chit chat. Hasil penelitian tahap ke IV menunjukkan bahwa sistem aplikasi Bestie ODHA terbukti valid. Disimpulkan bahwa model aplikasi “Bestie ODHA” merupakan model fit dan mampu mengurangi self stigma terkait HIV pada suku Bugis Makassar. Direkomendasikan kepada intansi terkait agar mendukung penggunaan model aplikasi Bestie ODHA dalam Upaya pencegahan HIV/AIDS.

Keywords : Aplikasi, HIV/AIDS, Model dan Self stigma.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Application, HIV/AIDS, Model, and Self Stigma
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 11 Mar 2024 09:11
Last Modified: 11 Mar 2024 09:11
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30121

Actions (login required)

View Item
View Item